• Selamat sore dok, saya ingin berkonsultasi tentang perut bawah saya. Saya menstruasi terakhir di tanggal 10-18 september. Bulan oktober sampai sekarang belum menstruasi juga. Banyak yang saya keluhkan, mulai dari perut bawah saya membesar dan seperti ada yang mengganjal sehingga┬ábernafaspun agak sesak, puting p4yud4r4 linu, ┬ákepala jadi sering pusing, mual, setiap kena air badan jadi meriang. Pada tanggal 2 November saya pernah tes pack, tapi hasilnya negatif dok. Sebenarnya itu kenapa yah dok? Terimakasih.

    selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Telat mens merupakan keluhan yang banyak dialami oleh banyak perempuan. Keluhan ini memang identik dengan kehamilan pada wanita yang aktif secara seksual dan tak menggunakan alat kontrasepsi apapun. Namun sebenarnya banyak sekali kemungkinan penyebab keluhan telat mens ini antara lain karena:

    1. stress atau faktor psikosomatis lainnya

    2. Efek obat – obatan tertentu

    3. Efek samping KB hormonal seperti KB suntik 3 bulan

    4. tumor di dalam rahim

    5. Sindrom polikistik ovarium.

    6. Infeksi pada organ reproduksi

    7. Berat badan yang terlalu rendah

    8. Penyebab lainnya

    Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang untuk memastikan kemungkinan penyebab keluhan anda.

    Alat tes pack bisa digunakan untuk mendeteksi adanya kehamilan. Namun alat ini tidak bisa dijadikan acuan pasti seseorang hamil atau tidak karena adanya hasil positif palsu atau negatif palsu. Hasil negatif palsu bisa terjadi saat kadar hormon HCG masih sangat rendah pada saat awal kehamilan. Begitu juga alat tes pack bisa menunjukkan hasil positif palsu pada keadaan tertentu seperti hamil di luar kandungan dan mola hidatidosa. Oleh karena itu untuk memastikan keluhan anda silakan kunjungi dokter di daerah anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyebab Telat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu

Beranda Tanya Dokter Mengapa Perut Bawah Membesar dan Sesak Napas?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.