• Dok, keponakan saya mengidap hidrosefalus sejak 2 tahun terakhir. Dia masih sangat pasif, belum bisa duduk apalagi berdiri, lebih aktif seperti bocah pada umumnya. Tapi karena dia keterbatasan jadi tidak bisa bermain seumumnya, menjadikan dia sangat rewel karena susah dituruti dan dimengerti. (Selalu ingin hal baru tapi fisiknya tak mendukung, hingga harus “dibantu” tetapi kami kerepotan jika rewel tengah malam.)

    Keponakan saya berumur 2,8 thn
    Lingkar kepala 56 cm
    Kondisi kaki lemas

    Saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan:

    1. Apakah hidrosefalus bisa pulih ?
    2. Bagaimana penanganan dirumah?
    3. Adakah obat khususnya?
    4. Bagaimana agar tubuh penderita bisa lebih gemukan supaya bisa menopang kepalanya?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Hidrosefalus adalah keadaan dimana terjadi peningkatan produksi cairan otak atau adanya sumbatan sehingga terjadi penumpukan cairan otak. Penumpukan cairan otak ini dapat mengakibatkan penekanan dan dapat merusak fungsi organ sekitarnya serta mengganggu pertumbuhan dan perkembangan.

    Hidrosefalus dapat dibagi menjadi hidrosefalus bawaan (kongenital) dan hidrosefalus dapatan. Penyebabnya beranekaragam misalnya karena infeksi, perdarahan, cedera otak, tumor dan lain sebagainya. Hidrosefalus bisa diatasi dengan penggunaan shunt. Hal ini bertujuan untuk mengalirkan kelebihan cairan tersebut ke organ lain sehingga bisa menghindari terjadinya kerusakan otak. Jika hidrosefalus ditangani dengan cepat dan tepat dan cepat maka terjadinya komplikasi (seperti gangguan koordinasi, gangguan ingatan, penglihatan, bicara, dan lain sebagainya) bisa dihindari. Dengan penanganan yang tepat diharapkan pasien juga bisa beraktivitas dengan normal.

    Namun pasien anak memang membutuhkan penanganan yang jauh lebih kompleks dan berkelanjutan daripada pasien dewasa. Oleh karena itu sebaiknya konsultasikan kondisi anak secara langsung ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat baik ke dokter anak maupun ke dokter spesialis bedah saraf.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Hidrosefalus : Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Menangani Anak Hidrosefalus (tips Merawat dan Memahaminya)?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.