• Dok saya ingin bertanya, mengapa berat badan saya tidak bertambah padahal saya makannya banyak dan terus menerus? Berat badan saya masih 41 kg. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Untuk mengetahui apakah berat badan seseorang ideal atau tidak bisa diketahui dengan menggunakan rumus berikut ini: (Tinggi Badan-100) – 10% (Tinggi Badan – 100). Sayangnya anda tidak mencantumkan tinggi badan anda agar bisa dihitung berat badan ideal dengan rumus di atas. Saya akan memberi contoh penilaian indeks masa tubuh sebagai berikut : Pada orang dengan tinggi 162 cm dan berat badan 45 kg maka rumus berat badan idealnya (162 – 100) – 10% (162-100) yakni 55,8. Sepuluh persen plus minus dari 55,8 masih termasuk normal. Sehingga untuk tinggi 162, range berat badan ideal sekitar 49,6 – 62 kg. Dengan demikian diketahui bahwa berat badan 45 masih berada di bawah berat badan ideal.

    Untuk menaikkan berat badan sebanyak 0,5 – 1 kg perlu dilakukan penambahan kalori sekitar 500 kalori atau lebih. Caranya bisa dilakukan dengan menambah porsi makan anda namun tetap harus dengan menu yang sehat. Selain itu anda juga perlu berolahraga untuk memperbaiki metabolisme tubuh anda yang juga berperan untuk membuat berat badan ke ukuran ideal. Untuk penjelasan lebih detail mengenai menu makanan dan pilihan olahraga yang sesuai maka anda perlu konsultasi langsung dengan dokter. Oleh karena itu silakan kunjungi dokter di daerah anda.

    Silakan baca artikel berikut yang terkait dengan keluhan yang anda rasakan:

    Cara Alami Menggemukan Badan Super Cepat

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mengapa Berat Badan Tidak Bertambah Padahal Sudah Makan Banyak?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.