• Kulit wajah di area dagu dan pinggir bibir saya sedang mengalami gatal dan memerah apa penyebab nya dan bagaimana cara mengatasinya

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan gatal dan bentol merah. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan gatal – gatal pada kulit merupakan keluhan yang sangat umum dirasakan oleh hampir tiap individu. Rasa gatal merupakan respon normal tubuh ketika ada sesuatu yang menstimulus atau mengiritasi kulit.

    Gatal bisa disebabkan karena hal ringan atau penyakit tertentu yang lebih berat. Rasa gatal ini umum dialami pada hampir semua penyakit kulit, biasanya disertai keluhan bintik – bintik merah atau berisi air atau pun bentol pada kulit.

    Sehingga sebenarnya perlu penggalian informasi secara lebih detail disertai pemeriksaan fisik dan atau pun penunjang pada kulit guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami.

    Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab gatal yaitu antara lain:

    • Karena xerosis kutis atau kulit yang terlalu kering bisa menyebabkan keluhan gatal yang sangat mengganggu.
    • Urtikaria juga menyebabkan gatal yang disertai bentol  – bentol pada kulit akibat reaksi inflamasi (peradangan) pada pembuluh darah kulit. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal misal udara dingin, binatang, dsb.
    • Miliaria juga bisa menyebabkan keluhan gatal disertai bintik – bintik kecil. Keluhan ini bisa terjadi karena keringat yang berlebihan
    • Dermatitis kontak alergi atau pun iritan juga bisa menyebabkan keluhan gatal pada kulit disertai memerah.
    • Penyebab lainnya

    Tatalaksana yang diberikan tergantung diagnosis penyakitnya. Oleh karena itu silakan memeriksakan langsung ke dokter agar bisa dilihat gambaran klinis nya secara langsung.

    Kenali Penyebab Gatal Pada Kulit Anda

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Mengalami Gatal dan Memerah di Dagu dan Tepi Bibir

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.