• mithain

    Selamat sore Dok,

    Saya sedang jalani diet, setiap harinya hanya memakan buah. Tetapi kadang juga tergoda dan makan nasi biarpun hanya beberapa suap.

    Siang tadi saya memakan Bakso dengan Saus dan Sambal yang lumayan banyak. Sedangkan dari pagi dan kemarinnya hanya keisi Buah.

    Lalu sore ini saya langsung sakit perut dan buang air besar dengan kondisi BAB yang tidak padat disertai tetesan tetesan yang keluar dari anus yaitu tetesan darah. Mengapa terjadi demikian Dok? Mohon bantuan penjelasannya Dok.

    Demikian pertanyaan dan konsultasi yang saya buat. Harapannya agar bisa menjawab dan membantu saya.

    Terima kasih

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di forum konsultasi mediskus.com tentang buang air besar berdarah. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan buang air besar disertai darah kerap kali dialami oleh beberapa individu dan penyebabnya bisa karena berbagai hal. Sayangnya dalam forum ini anda kurang menjelaskan secara detail mengenai keluhan ini baik warna darah yang keluar, dan lain sebagainya. Penyebab buang air besar (BAB) berdarah bisa karena berbagai hal berikut ini:

    • Ambeien atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai hemorrhoid menjadi penyebab tersering. Penyakit ini bisa menimbulkan keluhan BAB berdarah berwarna merah segar dengan atau tanpa nyeri. Jika berlanjut bisa disertai keluarnya benjolan dari anus. Penyebabnya juga beraneka ragam mulai dari kebiasaan mengejan terlalu kuat saat BAB, tinja atau feses yang terlalu keras, kehamilan juga bisa menjadi salah satu faktor resiko, dan masih banyak lagi.
    • Buang air besar berdarah juga bisa disebabkan karena adanya gangguan di gaster (lambung) seperti gastritis erosif. Buang air besar disertai darah akibat luka pada lambung ini menghasilkan warna kehitaman. Hal ini karena darah telah bercampur dengan asam lambung sehingga warna darah yang merah berubah menjadi hitam akibat reaksi dengan asam lambung. Keluhan lain yang menyertai berupa nyeri ulu hati dan lain sebagainya.
    • Infeksi saluran cerna seperti disentri juga bisa menyebabkan BAB berdarahnya. Biasanya BAB berlangsung lebih dari 3 kali dalam sehari dan juga disertai keluhan lain seperti demam dan lain sebagainya.
    • Penyebab lain.

    Untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter di daerah anda agar bisa dilakukan pemeriksaan secara lebih detail. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    BAB Berdarah Tapi Tidak Sakit

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mengapa Keluar Darah Ketika Sedang Buang Air Besar?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.