• vivia

    Permisi dok , saya mau tanya , umur sy 17 tahun berat 39kg tinggi 152cm. Saya sering mengalami pusing dan mual setiap hari , terutama saat berdiri lama saya merasa pusing dan mual sampai2 dada saya sesak dan mata melihat sekitar sudah agak buram . Saya jg sering merasa perut keroncongan , tetapi makanan tidak bisa msk karena mual. Saya memang ada panyakit maag dok , dulu saya jg pernah dikatakan mengalami hipotensi tetapi sudah bbrp tahun yg lalu dan akhir akhir ini saya sering merasa pusing nyut nyutan dikepala sampai sesak dan lemas kadang badan jg terasa dingin . Gigi saya jg ada yg berlubang apa gigi berlubang bisa menyebabkan hal tsb? Kira kira penyakit apa ya dok dan bagaimana cara mengatasinya karena saya merasa tdk nyaman. Terima kasih

    Selamat siang.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang pusing dan mual. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan pusing, nyeri perut, mual – mual bahkan muntah sering dialami oleh beberapa individu. Kebanyakan kaitannya dengan gangguan pada lambung. Meningkatnya asam lambung ini menyebabkan terjadinya dispepsia. Keluhan yang sering muncul akibat dispepsia antara lain berupa mual – mual, muntah, nyeri ulu hati, pusing dan lain sebagainya. Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya dispepsia antara lain karena faktor telat makan, konsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan yang terlalu asam, pedas, makanan mengandung kolesterol tinggi dan lain sebagainya.

    Selain itu keluhan pusing juga bisa karena sebab lain misalnya kurang cairang, asupan glukosa rendah, stress, kelelahan, tekanan darah rendah maupun tinggi, dan masih banyak lagi. Jika karena dispepsia maka ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan ini antara lain dengan:

    • Jaga asupan makanan yang dikonsumsi. Makan sebaiknya dalam porsi sedikit namun sering, hindari makanan dan minuman yang mengiritasi lambung (seperti rujak, sambal, mie, kopi, soda dan masih banyak lagi), usahakan tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi, konsumsi air hangat, dll.
    • Rilekskan pikiran karena faktor stress bisa menjadi salah satu faktor pencetus dispepsia.
    • Konsumsi obat – obatan untuk mengatasi dispepsia seperti antasid ataupun golongan proton pump inhibitor (seperti omperazol, lansoprazol), ataupun golongan anti histamin (seperti ranitidin, cimetidin, dan lain sebagainya).

    Keluhan gigi berlubang tidak ada kaitannya dengan keluha mual. Namun gigi yang berlubang bisa dapat menyebabkan keluhan nyeri pada gigi akibat infeksi dan menjalar ke kepala hingga menimbulkan keluhan sakit kepala.

    Ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda.

    Dispepsia – Pengertian, Gejala & Pengobatan


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mengapa Sering Merasa Pusing,mual,dan Lemas

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.