• Selamat malam dok. Saya ingin bertanya, seminggu lalu ketika di awal haid ditandai dengan jerawat di dahi. Awalnya sih kecil dok, tetapi terus membesar & lumayan agak keras sampai saya selesai haid sekitar 1 minggu.

    Apakah ini termasuk jerawat batu dok? Bagaimana cara mengatasi atau mengempeskannya dok? Karena sudah hampir seminggu lebih.

    Sebelumnya saya sudah mencoba dengan memakai daun binahong dan mengoleskan dengan es batu. Apakah cara ini benar dok?

    Dan juga dok sebulan lalu saya juga berjerawat di daerah pipi dekat bibir, dan jerawatnya juga besar agak keras di dalamnya. Baru kempes hampir sebulan dok. Apakah ini juga termasuk jerawat batu atau gimana dok?

    Beberapa bulan lalu juga kalau sedang berjerawat, jerawatnya itu juga besar & agak keras didalam dengan waktu kempesnya lumayan lama. (Kalau untuk jerawat jarang sebenarnya atau misal ada kecil-kecil, tapi selaginya ada jerawatnya besar agak keras didalam). Ini termasuk jerawat seperti apa ya dok?

    Mohon dijawab dengan rinci ya dok.

    Terima Kasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Jerawat atau dalam istilah medis disebut sebagai acne vulgaris terdiri dari beberapa gambaran klinis yakni dapat berupa komedo baik komedo hitam maupun putih, papul (penonjolan di atas permukaan kulit berukuran < 0,5 cm ), pustula ( gelembung/ penonjolan berisi nanah), nodus (penonjolan di atas permukaan kulit >0,5cm) ataupun gabungan semuanya. Istilah awam yang menyebut jerawat batu lebih ke arah jerawat yang berukuran besar / nodus dan biasanya memiliki konsistensi keras karena berada di bawah permukaan kulit. Untuk memastikan jenis jerawat anda harus dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter dengan pemeriksaan fisik.

    Tatalaksana jerawat atau acne vulgaris terdiri dari dua hal yaitu upaya pencegahan munculnya jerawat dan upaya untuk menghilangkan jerawat yang muncul. Tindakan pencegahan berupa diet rendah lemak dan karbohidrat, bersihkan kulit setelah beraktivitas, hidup teratur dan sehat, cukup istirahat, hindari stres, gunakan kosmetik yang sesuai dengan kulit , dan lain sebagainya. Beberapa obat yang bisa diberikan berupa pengobatan topikal dengan salep atau krim yang mengandung sulfur, asam salisilat, asam azaleat, AHA, benzoil peroksida, kortikosteroid hingga antibiotik jika diperlukan. Pengobatan sistemik (obat minum) yang mengandung antibiotik, vitamin A dan retinoid. obat hormonal maupun obat anti radang lainnya juga dapat  diberikan pada kasus berat. Pengobatan harus di bawah pengawasan dokter.

    Silakan baca artikel berikut:

    Mengenal Jenis-jenis Jerawat Beserta Pengobatannya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Jerawat?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.