• hai dock saya sering merasa sakit di bagian betis dan telapak kaki, dan saya juga merasa tidur saya kurang berkualitas. ketika tidur saya juga sering terbangun akibat buang air kecil .tetapi jumlah air seni nya pun hanyak sedikit, intensitas buang air kecil saya pun terbilang cukup sering .

    apakah penyakit saya ini?

    thankyou

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Rasa nyeri di bagian betis dan telapak kaki bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kram otot, kram sendi, peradangan pada tulang dan sendi (misal artritis gout, rhematoid artritis, dsb). Keluhan sering kencing juga bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari sebab ringan atau karena penyakit tertentu. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan ini yaitu antara lain:

    • Konsumsi air berlebihan terutama saat akan tidur akan meningkatkan frekuensi berkemih.
    • Suhu udara yang terlalu dingin, misal udara malam hari, hujan, AC, dsb.
    • Infeksi saluran kemih. Keluhan kencing berulang sering merupakan gejala infeksi saluran kemih (ISK). Namun biasanya disertai keluhan tidak puas sehabis kencing atau terasa anyang – anyangan, kadang juga disertai nyeri supra pubik ( bagian perut di atas kemaluan), demam, dan lain sebagainya.
    • Konsumsi obat – obatan yang bersifat diuretik, misalnya hidroklorotiazid, furosemid dan lain sebagainya. Obat – obat ini biasanya digunakan untuk menurunkan tekanan darah, namun kadang juga digunakan dalam campuran obat diet (pelangsing tubuh).
    • Konsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, minuman berkarbonasi, dsb. Perhatikan pula susu yang anda konsumsi, adakah kandungan kafein di dalamnya atau obat – obatan tertentu yang bersifat diuretik (menstimulus kencing).
    • Konsumsi makanan yang banyak mengandung garam. Garam bersifat menarik air sehingga tak heran semakin banyak konsumsi garam maka akan semakin banyak air kemih yang dikeluarkan.
    • Dan lain sebagainya.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Cara Benar Mengobati Nyeri Otot

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Sering Terbangun Akibat Buang Air Kecil, Sakit Apa?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.