• Assalamualaikum Dokter, Saya ingin memberitahukan & sekaligus ingin meminta saran untuk masalah yang saya derita ini. Gejala yang saya alami ini sudah lumayan lama dok, perkiraan sejak 7 tahun yang lalu hingga saat ini saya alami, & bahkan sangat sering sekali mengalami Sinusitis, serta sering sekali mengonsumsi obat-obatan peringan flu yang dijual bebas di pasaran.

    saya bingung entah mau merujuk kemana karena sy sudah pernah ke THT di daerah sy tinggal, namun tidak mendapatkan solusi tentang penyakit apa yg saya derita ini dok, hanya saja pihak THT menyampaikan bahwa saya mengidap Sinusitis yg diakibatkan tulang hidung saya sedikit miring & disarankan operasi tulang hidung di sebuah rumah sakit dengan kisaran biaya 70 – jutaan yang serasa berat untuk saya lakukan dok

    Namun setelah saya mencari tahu sendiri akan penyakit yang saya alami ini, gejala itu sangat mirip sekali dengan Rhinitis alergi, dengan gejala pilek di pagi hari dengan lendir yang encer/cair, hidung gatal, tersumbat, lendir tertelan masuk dengan sendirinya, tenggorokan gatal, hingga sampai membuat mata saya berair sampai pula apabila parah sekali mengakibatkan mata saya bengkak karena gatal. Dan itu saya derita hampir setiap hari dok, Anehnya apabila saya berada di tempat yang bersuhu dingin, malah jarang sekali saya alami gejalanya dok.

    Mohon sekali untuk solusinya karena hal ini sangat mengganggu sekali aktivitas saya karena yang seharusnya mampu saya lakukan 100%, itu hanya dapat saya lakukan 40% akibat saya mengalami penyakit ini dok. Terimakasih Wassalamualaikum. . . .

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan rinitis yang sering berulang kerap kali menyebabkan sinusitis karena lendir yang dihasilkan dari mukosa hidung masuk ke dalam rongga sinus dan terperangkap di dalamnya. Jika ada bakteri yang berkembang maka akan timbul infeksi pada rongga sinus tersebut dan menyebabkan sinusitis. Namun harus dipastikan apa yang menyebabkan keluhan rinitis ini sering berulang, apakah benar karena alergi atau karena sebab lainnya.

    Jika memang karena alergi, maka pengobatan yang paling utama adalah dengan menghindari faktor pencetus  alegi tersebut. Perlu digali apa yang menjadi penyebab alergi tersebut apakah karena debu, udara yang terlalu kering, bulu binatang atau karena sebab lainnya. Kelelahan fisik dan stress juga kerap meningkatkan terjadinya kekambuhan dari rinitis. Hal ini terjadi karena daya tahan tubuh yang menurun sehingga rentan mengalami infeksi.

    Ada baiknya anda mencari pencetus alerginya, memperbaiki pola hidup dengan istirahat yang cukup, makan makanan bernutrisi tinggi, banyak minum air putih, dan segera minum obat alergi jika gejala sudah mulai muncul. Anda juga bisa meminta second opinion atau pendapat dari dokter THT lainnya untuk memperoleh alternatif informasi mengenai kondisi anda dan pengobatan terbaik bagi keluhan yang anda alami.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Rinitis Alergi – Pilek, Bersin Alergi

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Solusi untuk Pilek Alergi Selain Operasi?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.