• Tanya dok,

    Saya mengalami demam yang panas turun sampai hari ke 4 saya mengalami mata merah,  sakit kepala hebat,  serta timbul bintik merah kecil di tangan saya. Dihari ke-2 saya sempat muntah sekali.  Yang ingin saya tanyakan apa ini gejala DBD dok?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Demam merupakan peningkatan suhu tubuh di atas 37,5 derajat celsius. Keluhan ini merupakan keluhan umum yang kerap dialami oleh beberapa individu dan bisa disebabkan oleh banyak hal. Secara umum, demam bisa disebabkan oleh karena dehidrasi atau kekurangan cairan, infeksi, keganasan dan sebab lainnya. Untuk demam berdarah dengue (DBD) sendiri tidak bisa dipastikan hanya berdasarkan gejala demam disertai bintik merah saja. Perlu pemeriksaan laboratorium untuk memastikan DBD dengan melakukan pemeriksaan trombosit, hematokrit dan juga pemeriksaan serologi DBD seperti IgM dan IgG anti dengue.

    Bintik merah pada kulit bisa disebabkan oleh banyak hal, bukan hanya karena DBD saja. Bintik merah pada DBD disebut juga sebagai petekie. Untuk membedakan petekie dengan bintik merah lainnya adalah dengan melebarkan kulit yang ada bintik merah tersebut. Jika ketika kulit diregangkan namun bintik merah masih ada berarti bintik merah itu benar karena petekie. Banyaknya kemungkinan penyebab membuat pentingnya pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik pemeriksaan fisik maupun penunjang. Pengobatan tergantung penyebab keluhan.

    Silakan baca artikel berikut:

    20 Ciri-ciri Demam Berdarah Dengue (DBD)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Mengenali Gejala DBD: Panas Naik Turun 4 Hari

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.