• Selamat pagi dokter,Dokter saya mau tanya, sehubungan dengan jadwal mens saya lampirkan fotonya di bawah.History mens

     

    Jadwal mens seperti itu sudah berlangsung sejak SMA dan sampai sekarang usia saya hampir 27 tahun. Selama SMA sampai kuliah saya jarang merasa nyeri setiap mens. Tapi sejak 1-2 tahun belakangan ini saya nyeri haid dan yang paling parah nyeri saat haid bulan Juni kemarin. Setiap saya BAB saya juga merasakan nyeri yang sangat sakit, nyeri dari kepala-perut-sampai lubang keluar veses.

    Saya ada riwayat maag dan pernah operasi usus buntu. saat penyembuhan operasi memang jahitan lebih dari 2 minggu belum kering dan bernanah, tapi setiap periksa selalu dijawab tidak apa-apa sama dokternya. Saya sering merasa mual tapi tidak sampai muntah. Saya juga sering pipis. Pola makan dan tidur saya memang tidak teratur.

    Sekarang saya sudah menikah 1 tahun dan belum hamil. akhirnya saya periksakan ke dokter spog. Hasil dr UsG transV didiagnosa perlekatan di dinding rahim yang tebal.

    Kira-kira kenapa ya dok sampai terjadi perlekatan di dinding rahim? Dan siklus mens saya apa bisa dibilang tidak normal dan menyebabkan ketidaksuburan? Apakah berbahaya Dok? Dan apa ada makanan tertentu yang harus dimakan/dihindari?

    Terimakasih banyak Dok, maaf panjang dan banyak tanya. Karena kemaren saat konsultasi pertama saya mendadak kaget dan bingung dengar diagnosa dokternya.

     

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Ada beberapa keluhan yang sering dialami oleh wanita terkait gangguan menstruasi yaitu antara lain telat haid, haid yang datang terlalu cepat, hingga keluhan nyeri haid. Nyeri haid dalam istilah kedokteran disebut sebagai dismenorea. Keluhan ini sebenarnya merupakan respon normal tubuh asalkan keluhan nyeri  hanya berlangsung ringan dan tidak mengganggu aktivitas sehari – hari. Keluhan nyeri haid biasanya berlangsung mulai dari 1 hari sebelum haid dan berangsur – angsur berkurang pada hari pertama hingga kedua menstruasi. Keluhan ini biasanya terjadi karena kontraksi rahim saat mengeluarkan darah haid.

    Jika keluhan nyeri haid berlangsung sangat hebat hingga membuat pasien tidak bisa beraktivitas, atau bahkan hingga membuat pasien pingsan maka keluhan ini bukan termasuk reaksi normal namun sering karena masalah di organ reproduksi wanita. Ada beberapa penyakit organ reproduksi yang menyebabkan keluhan nyeri haid (dismenorea) yaitu antara lain:

    1. Infeksi pada organ reproduksi
    2. Endometriosis, yaitu penyakit dimana lapisan endometrium yang harusnya hanya ada pada rahim akan tetapi juga tumbuh di luar rahim.
    3. Pelvic inflamatory disease (PID) merupakan penyakit peradangan pada panggul akibat infeksi pada saluran tuba, indung telur ataupun bagian lainnya.
    4. Tumor organ reproduksi misal fibroid ataupun karena kista
    5. Penyebab lainnya

    Mungkin maksud anda perlekatan di dinding rahim adalah endometriosis. Penyebab pasti keluhan ini masih belum jelas namun dicurigai dicetuskan oleh kadar hormon estrogen yang terlalu tinggi. Bisa tidaknya siklus mens yang tak teratur mempengaruhi kesuburan tergantung dari apa yang menjadi penyebab keluhan tersebut. Banyaknya kemungkinan penyebab membuat pentingnya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Untuk memastikannya silakan periksakan diri secara langsung ke dokter spesialis obstetri dan ginekologi (spOG) agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara lebih detail. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda. Dalam forum ini saya tidak bisa menentukan diagnosis keluhan anda karena perlu pemeriksaan langsung.

    Endometriosis

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu
     

     

Beranda Tanya Dokter Perlekatan Dinding Rahim yang Tebal, Berbahayakah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.