• Halo dok,

    saya usia 32 tahun, sebelum nya saya pasang spiral (IUD) hampir 9 bulan, membuat mens saya kacau sampai nyeri perut bagian bawah dan keluar flek,

    kemarin tgl 22 setelah mens bersih, saya pergi periksa ternyata IUD nya telah geser, akhirnya dicabut, setelah itu langsung pasang lagi IUD yg baru, dan malamnya langsung keluar flek,dari tgl 22 juni sampai hari ini tgl 5 juli, dari flek sampai jadi mens, tidak berhenti, dan di sertai nyeri perut seperti datang mens.

    Apakah ini normal dok? atau saya tidak cocok pasang spiral? apakah ini efek samping?

    terimakasih

    KR

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Alat kontrasepsi berperan untuk mencegah kehamilan.  Ada beberapa jenis alat kontrasepsi yang banyak digunakan salah satunya IUD atau KB spiral. Selain bermanfaat untuk proteksi kehamilan, alat kontrasepsi ini juga memiliki efek samping yang bisa dialami penggunanya antara lain sebagai berikut:

    • Gangguan menstruasi. Hal ini bisa terjadi akibat penggunaan IUD jenis copper. Jenis IUD ini bisa meningkatkan resiko perdarahan dan kram atau nyeri perut saat terjadi menstruasi.
    • Perforasi rahim. Satu dari 1000 orang yang menggunakan alat kontrasepsi IUD berisiko mengalami perforasi atau luka pada uterus (rahim). Jika penggunaan IUD menyebabkan luka pada rahim pasien maka penggunaan alat ini harus dihentikan.
    • Lepasnya IUD dari rahim sehingga fungsi proteksi dari kehamilan tidak ada. Sekitar 2 dari 10 hingga 100 orang pengguna kontrasepsi IUD dapat mengalami ekspulsi atau terlepasnya IUD dari uterus (rahim). IUD ini biasanya masuk ke vagina, dan biasa terjadi pada tahun pertama pemasangan IUD. Ekspulsi sering terjadi ketika IUD dipasang segera setelah kelahiran atau pada wanita yang tidak pernah mengalami kehamilan sebelumnya.

    Pada kasus yang anda alami kemungkinan memang diakibatkan karena penggunaan IUD. Ada beberapa akseptor KB yang memang tidak cocok dengan salah satu jenis KB termasuk IUD. Namun untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan ulang secara langsung ke dokter.

    7 Efek Samping KB Spiral (IUD)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mens Tidak Berhenti Setelah Pasang Spiral (IUD)

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.