• Dok saya pelajar berumur 18 tahun, saya telat menstruasi tetapi sempat flek beberapa hari namun tidak kunjung keluar darah. Seminggu kemudian saya mengalami keputihan seperti putih telur dan disertai nyeri pada bagian punggung belakang. Apakah penyebabnya ya dok?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keputihan bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari hal normal (keputihan saat mendekati waktu mens dan juga saat kehamilan) dan karena penyakit tertentu. Berikut beberapa penyakit yang dapat menyebabkan keputihan antara lain karena:

    1. Infeksi jamur, misalnya candidiasis bisa menimbulkan keputihan berwarna putih seperti susu dan juga disertai keluhan gatal pada kemaluan.
    2. Infeksi parasit misalnya trichomoniasis bisa menyebabkan keputihan berwarna kehijauan.
    3. Infeksi bakteri atau vaginosis bakterialis juga bisa menyebabkan keluhan keluar keputihan, biasanya berwarna keabuan dan tercium bau amis (fishy odor)
    4. Penyebab lainnya

    Keputihan yang anda alami dimana cairan yang keluar berwarna putih bisa saja karena infeksi jamur seperti yang telah dijelaskan di atas. Namun perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Keluhan keputihan ini bisa terkait dengan penyebab mens yang tak teratur atau bisa juga tidak berhubungan. Penyebab telat mens juga bisa karena banyak hal dan sudah banyak dibahas dalam forum ini. Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Keputihan Berwarna Coklat – Penyebab dan Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Penyebab Menstruasi Tidak Teratur?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.