• Dok saya mau tanya, saya haid sekitar tanggal 2 Mei tetapi tanggal 19 mei tiba-tiba keluar flek. Sudah saya bersihkan namun kembali keluar. Itu kenapa ya dok? Terima kasih penjelasannya.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan gangguan mens memang sering sekali dikeluhkan baik karena telat mens, keluar darah di antara dua siklus haid dan sebagainya. Keluhan flek atau keluar darah yang anda alami setelah selesai haid (spotting di antara periode menstruasi) terjadi karena banyak hal, bisa karena spotting yang termasuk normal ataupun bisa juga karena masalah kesehatan tertentu. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyeba spotting atau flek yang mungkin terjadi yaitu antara lain sebagai berikut:

    1. Flek sering terjadi pada wanita akibat perubahan kadar hormonal yang terjadi pada saat stress psikis, menjalani aktivitas fisik yang berat, kurangnya istirahat hingga gejala pramenopause.
    2. Flek juga bisa terjadi akibat efek samping KB yang digunakan, baik pil KB, KB suntik, implan ataupun IUD.
    3. Akibat penggunaan obat-obatan tertentu seperti antikoagulan,aspirin.
    4. Tanda awal kehamilan
    5. Infeksi pada organ reproduksi, baik pada ovarium, uterus atau rahim, serviks hingga vagina
    6. Adanya tumor pada rahim misalnya polip atau mioma rahim atau serviks
    7. Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Namun ada baiknya anda juga menjaga pola hidup anda sehari – hari misalnya dengan menjaga kualitas asupan makanan, istirahat yang cukup serta rilekskan pikiran. Jika keluhan berlanjut segera periksakan diri secara langsung ke dokter.

    Haid Tidak Teratur : Sering Datang Bulan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mengapa Keluar Flek Setelah Menstruasi?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.