• Dokter saya mau bertanya tgl 14 bulan lalu saya keguguran dan darah berhenti setelah 4 harinya , lalu 2 hari yang lalu saya mengeluarkan darah lagi apa itu menstruasi ?

    Lalu saya berhubungan intim dan sperma lepas di dalam setelah itu darah tidak keluar lagi , apakah saya akan hamil lagi karena itu? Terimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang flek pasca keguguran dan kemungkinan kehamilan. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keguguran atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai abortus merupakan pengeluaran hasil konsepsi atau pembuahan dari dalam rahim ibu hamil kurang dari 20 minggu kehamilan.  Setelah janin dan jaringan hasil konsepsi lainnya keluar maka biasanya pasien masih mengalami sisa perdarahan berupa flek coklat. Perdarahan pascakeguguran terjadi menyerupai masa nifas, yaitu akan berlangsung mulai dari beberapa hari hingga minggu dengan pola yang khas. Pola perdarahan yaitu mulai dari perdarahan merah gelap, menipis, menjadi bebercak (mulai kecoklatan) dan akhirnya menghilang. Kemungkinan yang anda alami bisa karena flek bekas keguguran atau malah karena haid. Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan periksakan diri secara langsung ke dokter.

    Kehamilan akan terjadi bila sel sperma dan sel telur bertemu. Sel telur atau ovum baru akan dikeluarkan saat proses ovulasi. Proses ovulasi tidak berlangsung sepanjang waktu. Ovulasi biasanya terjadi 14 hari sebelum periode haid selanjutnya. Pada wanita dengan siklus haid 28 hari maka proses ovulasi terjadi pada hari ke 14. Jadi kemungkinan hamil baru bisa terjadi jika periode haid anda sudah berlangsung normal dan pada saat berhubungan, anda sedang dalam proses ovulasi.

    Cara Cepat Hamil Lagi Setelah Keguguran

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kleuar Darah Setelah Keguguran, Apakah Menstruasi?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.