• Salam dokter …

    Saya Nur, saya ingin bertanya dok. Tapi sebelumnya saya akan menceritakan kondisi saya. Begini dok saya mengalami masalah dengan siklus haid yang tidak teratur. Saya bisa tidak haid sampai 1-6 bulan lamanya. Ini saya alami dari semenjak saya SMA dan sekarang sudah menikah (4thn). Saya sudah USG Di tahun 2013 dan diawal 2017 hasilnya sama tidak ada penyakit apapun dalam rahim saya bahkan dokter pun tidak memberikan saya obat karena takut mengganggu siklus haid.

     

    Yang ingin saya tanyakan dokter dengan siklus haid saya yang tidak teratur seperti ini saat di bulan2 saya tidak haid apakah dibulan tersebut saya masih mengalami masa subur ? Dan minta sarannya dokter bagaimana untuk melancarkan haidnya.

    Terimakasih dokter atas waktunya

    Salam Hormat

     

    Nur

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Siklus haid normal biasanya berlangsung antara 21 hingga 35 hari. Keluhan haid yang tak teratur atau tidak datang tiap bulannya bisa disebabkan oleh berbagai macam hal bisa karena salah satu respon normal tubuh sehingga bukan menjadi masalah namun juga bisa disebabkan penyebab lain yang lebih berat. Haid yang tidak datang lebih dari 3 bulan disebut sebagai amenore. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab keluhan amenore yaitu antara lain:

    1.       Hormon yang tidak stabil

    2.       Stress yang menyebabkan ketidakseimbangan hormonal sehingga menyebabkan perubahan siklus mens.

    3.       Kelelahan fisik juga bisa menjadi salah satu penyebab.

    4.       Berat badan yang tidak normal baik terlalu rendah atau terlalu tinggi

    5.       Sindrom polikistik ovarium. Kista menyebabkan ketidakseimbangan hormonal

    6.       Kehamilan

    7.       Efek samping KB hormonal, misal pil KB, KB  1 bulan, KB 3 bulan, dan implan

    8.       Awal menopause juga menyebabkan keluhan telat mens

    9.       Dan lain sebagainya

    Orang yang haidnya tidak teratur memang cukup sulit untuk menentukan masa suburnya. Masa subur atau ovulasi biasanya terjadi pada 14 hari sebelum siklus mens selanjutnya. Namun orang dengan siklus mens yang tidak teratur maka tidak bisa mutlak menggunakan angka ini. Namun untuk memastikan penyebab keluhan anda dan tingkat kesuburan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara detail oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang. Untuk memperbaiki pola mens anda yang perlu dilakukan pertama kali adalah memastikan penyebabnya. Obat hormonal dapat diberikan namun hanya bersifat sementara efeknya jika sumber keluhannya tidak diatasi.

    Penyebab Telat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Menstruasi Tidak Lancar dan Tidak Teratur

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.