• Izin bertanya dok, saya penderita diabetes telah 3 tahun. Setiap bulan kontrol rutin ke rumah sakit dan diberi obat metformin dan injeksi, tapi sampai sekarang kisaran gula darah masih di atas 200 bahkan kadang-kadang mendekati 300. Pertanyaan saya bagaimana cara menurunkan kadar gula yang efektif dan berapa kadar gula yang ideal bagi penderita diabetes?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Perlu anda ketahui untuk mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes melitus (kencing manis) bukan hanya melulu tergantung dengan obat – obatan saja melainkan harus melakukan perubahan pola hidup yakni dengan mengatur pola makan dan juga peningkatan aktivitas fisik. Karena walaupun melakukan pengobatan rutin namun tidak diikuti dengan perubahan pola makan dan gaya hidup lainnya maka kadar gula dalam darah akan tetap tinggi.

    Berikut ada beberapa upaya perbaikan gaya hidup yang bisa anda lakukan yakni sebagai berikut:

    • Aturlah pola makan anda dengan porsi kecil namun sering untuk menghindari rasa lapar berlebihan.
    • Pilihlah makanan yang tidak mengandung kadar gula tinggi. Hindari penggunaan gula sederhana seperti gula, roti, nasi putih dan lainnya. Anda bisa mengganti sumber karbohidrat ini dengan gandum, nasi merah, dan sebagainya.
    • Pilihlah makanan yang mengandung tinggi serat seperti sayur – sayuran dan buah – buahan. Namun tidak semua buah bisa bebas anda konsumsi. Hindari buah dengan kadar gula tinggi seperti pisang, mangga. Lebih baik konsumsi buah seperti apel, jeruk dan lainnya.
    • Hindari makanan tinggi kolesterol.
    • Sebaiknya anda juga melakukan olahraga yang teratur selama 30 hingga 45 menit sebanyak 4 – 5 kali dalam seminggu. Sebaiknya olahraga juga jangan berlebihan karena malah akan menimbulkan masalah baru. Olahraga yang disarankan seperti berenang, sepeda statis dan lainnya.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Paling Efektif

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Cara Menurunkan Kadar Gula yang Efektif ?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.