• Riri09

    Selamat malam dok. Saya ingin bertanya… maaf sebelum nya, saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman pahit saya. 6 bulan yang lalu saya mengalami pelecehan seksual ringan.

    Namun rasa takut nya tidak hilang sampai sekarang. Saya sangat takut jika saya harus berhadapan dengan laki-laki yang memiliki umur di atas 40 tahun, bahkan saya takut kepada ayah saya sendiri.

    Selain itu, saat saya menaiki kendaraan umum, rasa cemas itu membuat saya sangat tersiksa, memikirkan macam-macam hal negatif yang akan menimpa saya tanpa bisa berfikir saya harus melakukan apa.

    Saya bahkan sering berniat untuk melakukan hal jahat jika ada laki-laki yang duduk disamping saya, dan selalu merasa was was kepada laki-laki tersebut. padahal mungkin, dia tidak memiliki niat yang buruk.

    Apakah rasa cemas ini bisa saya sembuhkan?  Saya sangat takut ketika saya berada di luar kamar saya. Terimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com mengenai keluhan cemas berlebihan. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Pertama – tama saya turut prihatin dengan peristiwa tak menyenangkan yang anda alami, tentu hal ini menimbulkan rasa tak nyaman di dalam diri anda.

    Adanya riwayat mendapat pelecehan seksual sebelumnya memang bisa mencetuskan keluhan cemas berlebihan, rasa takut, paranoid dan sebagainya. Namun sebenarnya hal ini bisa dikendalikan namun memang butuh waktu dan terapi khusus baik dengan obat – obatan maupun dengan psikoterapi.

    Individu yang mengalami hal ini sering sekali mengalami stress akibat kondisi yang dihadapinya. Jika kecemasan atau kegugupan ini tidak bisa dikendalikan oleh dirinya maka bisa muncul keluhan lain yang lebih berat.

    Oleh karena itu saya sarankan untuk anda melakukan pemeriksaan diri secara langsung ke dokter terutama dokter spesialis kedokteran jiwa. Hal ini penting dilakukan agar anda mendapat terapi terbaik baik dengan jalan konseling maupun dengan obat – obatan guna mencegah bertambah beratnya keluhan yang anda alami.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Anxiety Disorder : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Cara Apa yang Bisa Menyembuhkan Merasa Cemas Berlebihan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.