• Dokter yang saya hormati, saya mau tanya.

    Setiap pagi saya merasa ujung jari saya ini keram, itu tanda apa dan bagaimana cara mengatasinya dok? Demikian pertanyaan saya, atas waktu dan perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab keluhan ujung jari tangan kaku saat  bangun tidur sebenarnya bisa karena banyak hal. Sayangnya dalam forum ini anda tidak menjelaskan keluhan secara detail dan juga gejala yang menyertai. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab keluhan tersebut yakni karena:

    1. Rhematoid artritis. Penyakit imunologis ini bisa terjadi pada usia muda. Ditandai dengan keluhan kaku pada sendi termasuk pada ujng jari tangan, nyeri dan ataupun bengkak pada beberapa sendi dan gejala lainnya. Bisa dibantu dengan melakukan pemeriksaan laboratorium misalnya berupa cek faktor rheuma untuk membantu menentukan diagnosis.
    2. Artritis gout. Penyakit akibat peningkatan kadar asam urat dalam sendi ini bisa menimbulkan keluhan kaku pada ujung jari, nyeri dan bengkak pada jari tangan hingga susah ditekuk. Bisa terjadi pada usia muda hingga tua. Perlu dilakukan pemeriksaan kadar asam urat dalam darah untuk membantu menentukan diagnosis artritis gout.
    3. Adanya cedera pada jari.
    4. Dan lain sebagainya.

    Untuk memastikan penyebab anda perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara lebih detail. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Kenapa Jari Tangan Kaku dan Sakit Saat Bangun Tidur?

    3 Penyebab Utama Jari Tangan Kaku dan Obatnya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Keram pada Ujung Jari Tangan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.