• Dok, saya mau bertanya. Saya Andita, perempuan, 20 tahun. Sudah hampir 5 tahun belakangan saya sering migrain di pagi hari. Selama saya SMA, saya sering tidak masuk karena setiap saya bangun pagi ternyata saya migrain. Saya tidak bisa menggerakkan kepala saya karena membuat saya mual.

    Sebenarnya saya juga mengidap autoimmune, LED saya pada tahun 2012 sempat mencapai angka 32 dan bulan kemarin, dokter yang menangani saya bilang bahwa saya sering migrain karena ada penyempitan pembuluh darah di kepala. Sudah setahun ini, alhamdulillah migrain sudah jarang terasa.

    Tapi apabila ketika malam hari saya merasakan pusing sedikit saja, saya langsung panik dan takut besok saya tidak bisa masuk kuliah karena migrain, akhirnya saya minum obat (Panadol biru). Hal ini seringkali saya lakukan, setiap pusing sedikit saya minum Panadol itu. Sekarang saya merasa kebiasaan saya itu tidak baik. Apakah ini termasuk ke dalam anxiety disorder? Atau sebenarnya apa yang saya derita? Apa yang harus saya lakukan? Terimakasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Anxiety disoreder atau gangguan kecemasan merupakan salah satu gangguan psikis yang bisa terjadi. Sebenarnya rasa cemas merupakan hal yang wajar namun jika berlangsung berlebihan maka bisa disebabkan oleh alasan psikis atau kejiwaan. Pada anxiety disorder, rasa cemas terjadi pada hal – hal atau kegiatan yang sebenarnya lazim terjadi dan keluhan kecemasan biasanya sulit dikendalikan oleh penderitanya. Misalnya saja terjadi cemas berlebihan saat bertemu dengan banyak orang dan lain sebagainya. Untuk menegakkan diagnosis anxiety disorder perlu pemeriksaan secara detail sehingga tidak bisa jika menyimpulkan keluhan yang anda alami saat ini adalah karena hal tersebut.

    Untuk keluhan sakit kepala sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain karena:

    1. Kelelahan fisik
    2. Tekanan darah yang abnormal baik tekanan darah tinggi maupun rendah
    3. Penyakit infeksi, mulai dari infeksi di telinga, saluran napas hingga infeksi di bagian otak dan juga batang otak. Penyebabnya juga beraneka ragam mulai dari bakteri, hingga mikroorganisme lainnya.
    4. Tumor atau adanya massa di otak dan area sekitarnya juga bisa menyebabkan keluhan sakit kepala.
    5. Penyakit gangguan pembuluh darah misalnya pelebaran pembuluh darah otak hingga adanya sumbatan di otak bisa menjadi penyebab keluhan sakit kepala hebat.
    6. Gangguan psikosomatis.
    7. Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang. Terapi tergantung dari penyebab keluhan. Oleh karena itu silakan kunjungi dokter di daerah anda.

    Hindari! 13 Penyebab Sering Sakit Kepala

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Setiap Hari Minum Obat Migrain, Amankah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.