• Dok saya mau tanya, saya mengalami gejala mual dan muntah setelah bangun tidur. Kemudian terus berkelanjutan hingga diisi makan dan minum mau muntah lagi, itu kenapa ya dok? Terkadang muntahnya tidak mengeluarkan cairan sehingga membuat sakit. Mohon penjelasannya, terima kasih sebelumnya.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan mual – mual dan muntah sering dialami oleh beberapa individu. Sebenarnya banyak penyebab keluhan ini sehingga perlu digali bagaimana karakteristik keluhan tersebut seperti sejak kapan keluhan dirasakan, faktor yang mencetuskan timbulnya keluhan, faktor yang meringankan dan memperberat keluhan hingga gejala yang menyertainya. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan mual dan muntah yaitu:

    • Dispepsia atau gangguan lambung yang muncul akibat asam lambung yang meningkat. Keluhan yang sering muncul akibat dispepsia antara lain berupa mual – mual, muntah, nyeri ulu hati dan lain sebagainya. Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya dispepsia antara lain karena faktor telat makan, konsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan yang terlalu asam, pedas, makanan mengandung kolesterol tinggi dan lain sebagainya.
    • Infeksi saluran cerna seperti gastroenteritis juga bisa menyebabkan keluhan mual dan muntah. Biasanya terdapat keluhan demam, bab mencret dan lain sebagainya.
    • Typus abdominalis juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan berupa mual dan muntah. Keluhan demam menjadi keluhan yang umum terjadi pada penyakit ini.
    • Penyebab lainnya

    Ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Mual – Mual dan Muntah Saat Bangun Tidur

    Penyebab Mual Muntah dan Cara Mengatasinya


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mengapa Mual dan Muntah Setelah Bangun Tidur?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.