• Dok, saya wanita usia 20 tahun yang baru menikah 40 hari yang lalu. Saya mau tanya, saya sering mual-mual padahal tidak ada penyakit maag. Bulan ini saya juga belum haid, bulan kemarin saya haid tanggal 10. Apa ini pertanda kehamilan dok?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Sebenarnya keluhan seperti yang anda alami sudah banyak dibahas dalam forum ini seandainya anda sudah membuka dan membaca artikelnya. Keluhan telat mens, mual muntah, payudara membengkak memang kerap muncul pada wanita yang sedang hamil. Namun keluhan ini juga banyak sekali terjadi pada penyakit lainnya sehingga tidak bisa dipastikan apakah saat ini anda sedang hamil atau tidak berdasarkan informasi itu saja. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang untuk memastikannya.

    Keluhan – keluhan di atas bisa saja terjadi akibat penyakit organ reproduksi lainnya seperti kista atau tumor atau bisa juga karena penyakit lainnya. Untuk menentukan kehamilan bisa dilakukan dengan cara yang paling sederhana misalnya dengan tes pack. Namun alat ini juga bukan menjadi tanda pasti kehamilan karena bisa memberikan hasil positif palsu atau negatif palsu pada kondisi lainnya. Hasil positif palsu bisa terjadi pada hamil di luar kandungan sedangkan negatif palsu bisa terjadi pada awal kehamilan dimana kadar hormon HCG masih sangat rendah dan belum dapat terdeteksi dengan tes pack. Untuk memastikan silakan periksa USG.

    Silakan baca artikel berikut:

    Telat Haid 1-2 Minggu, Ini Penyebabnya!

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu

Beranda Tanya Dokter Apakah Mual Tak Kunjung Hilang Pertanda Kehamilan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.