• Sultan Fauzi

    Permisi dok.

    Saya mau bertanya. Saya sudah hampir 10 tatahun mengalami mual – mual terus menerus tanpa henti. Kadang mual itu makij parah ketika saya face to face atau tatap muka di publik. Tapi saya tidak punya keluhan lain selain mual, saya tidak merasakan Sakit di perut atau pusing itu sama sekali tidak. Nah, akhir akhir ini mual saya bertambah parah bahkan saya tidak bisa lepas untuk minum ( tapi tidak ditelan ) agar saya merasa lebih baik… Lah bagaimana solusinya dok? Saya sudah ke dokter tapi ya hanya dikasih obat mag saja… Minta solusinya dok. Makasih.

     

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com mengenai keluhan mual yang berlangsung terus menerus. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan mual bisa terjadi karena beberapa hal berikut ini yaitu antara lain:

    • Pengaruh psikosomatis. Keluhan mual yang berkepanjangan sering terjadi pada individu yang mudah gugup dan cemas. Individu seperti ini sering sekali mengalami stress akibat kondisi yang dihadapinya, misal saat individu tersebut masuk ke lingkungan baru, bertatap muka dengan orang banyak dan lain sebagainya.
    • Penyakit infeksi saluran cerna bisa memberikan rasa mual namun disertai gejala lainnya seperti demam, nyeri perut dan lain sebagainya.
    • Dispepsia atau gangguan lambung. Rasa mual disertai keluhan nyeri ulu hati, kadang muntah, sendawa, kemung dan sebagainya
    • Penyebab lain

    Pada kasus anda saya mencurigai adanya pengaruh psikosomatis yang menjadi penyebab keluhan tersebut. Jika keluhan sangat mengganggu ataupun disertai keluhan lainnya maka perlu dilakukan pemeriksaan diri secara langsung ke dokter terutama dokter kesehatan jiwa untuk mendapatkan penananganan terbaik.

    Cara Tuntas Menghilangkan Rasa Mual

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Mual yang Dirasakan Terus Menerus

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.