• HASIL PA

    Berikut hasil PA nya

    Selamat malam dok,

    Selama kurang lebih setahun setengah bulan, di antara kuping dan pipi kiri saya terdapat benjolan kecil padat. Benjolan tersebut tumbuh sangat lambat, tidak ada gejala sakit yang saya alami sama sekali. Benjolan tersebut pun tidak mengganggu aktivitas, namun saya takut jika di biarkan akan membesar dan susah di hilangkan. Akhirnya saya memutuskan untuk periksa dan dokter memutuskan untuk operasi.

    Saya dioperasi tgl 1 April 2017, operasi berjalan lancar namun pasca operasi saya mengalami facial paralysis (muka berot sebelah). Jujur saya tidak yakin dengan keterangan dokter yang mengoperasi saya. Hasil riset jurnal medis di internet, penyakit saya sangat mirip dengan Intraparotid facial nerve schwannoma

    Saya sudah mengikuti fisioterapi sebanyak 9 pertemuan, dan hasilnya belum menunjukan progres yang signifikan. Wajah saya masih berot sebelah. Mohon infonya dok, apakah muka berot saya ini permanen atau tidak? Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Schwannoma adalah tumor yang berasal dari selubung mielin sel saraf. Tumor ini tumbuh secara lambat di bagian dalam jaringan urat syaraf. Pengobatan tumor Schwannoma akan dilakukan berdasarkan pada lokasi dan apakah tumor itu jinak atau ganas. Salah satu tindakan untuk mengatasi schwannoma adalah dengan pembedahan. Karena Schwannoma mengenai syaraf maka risiko operasi berupa gangguan di persarafan memang cukup besar.  Pada schwannoma serat saraf ikut terlibat sehingga saat pembedahan rentan untuk terpotong atau rusak. Bila terjadi seperti itu maka akan ada gangguan saraf yang terjadi mulai dari rasa baal hingga kelumpuhan otot yang dipersarafi contohnya merotnya wajah.

    Untuk mengetahui apakah keluhan merot pada wajah anda bisa kembali sempurna atau tidak tergantung dari keparahan saraf yang rusak sehingga memang dibutuhkan pemeriksaan secara langsung dan detail oleh dokter. Alangkah baiknya jika anda berkonsultasi langsung dengan dokter yang menangani anda karena tentu beliau yang lebih paham kondisi terkini yang anda alami.

    Hemiparesis : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Muka Berot Pasca Operasi Schwannoma, Apakah Permanen?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.