• ajie45herman

    Siang Dok.

    Saya memiliki keluhan gatal-gatal di area bokong, paha, hingga kemaluan. Sering kali muncul di lengan, sela-sela jari dan perut. Gatal-gatal tersebut dibarengi dengan bintik-bintik, yang bila digaruk terus-menerus bakal kemerahan dan membesar.

    Juga ada bentol, agak keras, seperti benjolan. Dan ini muncul setelah saya garuk secara berlebih.

    Saat gatal (dan bintik) muncul kemudian saya garuk, rasa gatal tersebut semakin terasa. Namun, bila saya tidak menggaruknya, lama-lama gatal tersebut hilang.

    Sudah satu minggu saya merasakan keluhan tersebut.

    Saya menduga kondisi saya ini merupakan Pruritus, tepatnya mungkin diakibatkan alergi. Sebab, pernah saya mencukur rambut kemaluan dan sekitar anus dengan gunting, dan gunting tersebut bersentuhan dengan kulit sekitar anus. Aktivitas tersebut saya lakukan tepat sehari sebelum muncul keluhan gatal tersebut.

    Dan saya ingin ketahui pencerahan terkait kondisi saya, dan apakah dugaan saya ini benar. Lalu pengobatan apa yang mungkin bisa saya lakukan.

    Pula, apakah bentol yang agak keras tersebut bisa hilang dengan sendirinya? Ataukah harus melalui pengobatan?

    Terima kasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan gatal di kulit. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan gatal – gatal pada kulit merupakan keluhan yang sangat umum dirasakan oleh hampir tiap individu. Rasa gatal merupakan respon normal tubuh ketika ada sesuatu yang menstimulus atau mengiritasi kulit. Gatal bisa disebabkan karena hal ringan atau penyakit tertentu yang lebih berat.

    Rasa gatal ini umum dialami pada hampir semua penyakit kulit, biasanya disertai keluhan bintik – bintik merah atau berisi air ataupun bentol pada kulit.

    Sehingga sebenarnya perlu penggalian informasi secara lebih detail disertai pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang pada kulit guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami.

    Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab gatal yaitu antara lain:

    1. Karena xerosis kutis atau kulit yang terlalu kering bisa menyebabkan keluhan gatal yang sangat mengganggu.
    2. Urtikaria juga menyebabkan gatal yang disertai bentol  – bentol pada kulit akibat reaksi inflamasi (peradangan) pada pembuluh darah kulit. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal misal udara dingin, binatang, dsb.
    3. Miliaria juga bisa menyebabkan keluhan gatal disertai bintik – bintik kecil. Keluhan ini bisa terjadi karena keringat yang berlebihan.
    4. Dermatitis kontak alergi ataupun iritan juga bisa menyebabkan keluhan gatal pada kulit disertai memerah.
    5. Penyebab lainnya

    Silakan memeriksakan langsung ke dokter agar bisa dilihat gambaran klinis nya secara langsung guna memastikan penyebab keluhan anda.  Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Kenali Penyebab Gatal Pada Kulit Anda

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Mungkin Pruritus

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.