• Selamat malam dok. Saya seorang ibu hamil anak pertama usia kandungan saya memasuki bulan ke 2. Tapi yang saya keluhkan saya sering sekali merasakan pusing, pandangan gelap ,mual, muntah yang luar biasa dok kadang saya muntah mengeluarkan darah dari mulut dan tenggorokan serta dada saya terasa perih dok.

    Bagaimana solusinya dok apa gejala yang saya rasakan wajar untuk ibu hamil dok?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tanda – tanda kehamilan ini dibedakan menjadi tanda mungkin hamil dan tanda pasti hamil. Tanda mungkin hamil berupa menstruasi yang tidak kunjung datang, perut yang semakin membesar, keluhan mual dan muntah yang sering dikeluhkan terutama di usia – usia awal kehamilan, sakit kepala, pandangan gelap,  hingga pemeriksaan test pack yang menunjukkan hasil positif. Tanda pasti hamil bisa diketahui dengan pemeriksaan USG yang menunjukkan adanya kantung kehamilan di dalam rahim dan adanya detak jantung janin.

    Seperti yang telah disebutkan hal – hal yang anda alami sebenarnya merupakan tanda kehamilan yang banyak terjadi pada ibu hamil. Jika keluhan tidak berlebihan maka tidak butuh pengobatan khusus. Namun jika keluhan mual dan muntah sangat mengganggu bahkan sudah sampai keluar darah ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter agar mendapat terapi terbaik. Apalagi jika keluhan tersebut sampai membuat anda menjadi susah makan dan minum maka anda perlu diberi infus dan lain sebagainya guna memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu dan janin serta perlu mendapat pengobatan khusus untuk mengatasi mual dan muntahnya.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Hiperemesis Gravidarum : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Muntah Darah Saat Hamil Muda?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.