• Maryanto

    Dok, beberapa waktu yang lalu saya memeriksakan keluhan nyeri pada gigi geraham saya ke rumah sakit, kemudian dokter mengatakan bahwa ada peradangan di gusi dan beberapa gigi yang berlubang harus dicabut, kemudian dokter memberikan 2 buah obat yaitu Diclofenac sodium 50mg dan antibiotik Lincomycin HCL 500mg. Namun mengapa sakit atau nyeri digigi tidak berkurang bahkan seperti tidak berefek sama sekali padahal saya minum sesuai dosis yaitu 3x sehari setelah makan. Lalu apa penyebab rasa nyeri di gigi geraham tidak hilang atau berkurang bahkan bertambah nyeri setelah minum Diclofenac Sodium 50mg. Terima kasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan nyeri gigi. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Gigi yang berlubang atau dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai karies dentis memiliki beberapa tahapan karies, mulai dari lubang hanya pada lapisan luar gigi hingga ikut sertanya jaringan saraf yang menyokong gigi. Keluhan gigi berlubang biasanya terjadi karena kebersihan rongga mulut yang tak terjaga misalnya menumpuknya plak pada gigi akibat tidak rutin menggosok gigi, dan lain sebagainya. Gigi yang berlubang juga memudahkan kuman masuk ke dalam bagian – bagian gigi dan gusi sehingga menimbulkan infeksi pada gusi dan terjadi pembengkakan sehingga menimbulkan rasa nyeri yang semakin bertambah.

    Jika terjadi infeksi pada gigi dan gusi bisa diobati oleh beberapa cara misalnya dengan pemberian obat – obatan seperti antibiotik untuk membunuh kuman penyebab, obat analgetik dan antiinflamasi untuk menghilangkan nyeri dan juga peradangan. Rasa nyeri yang anda alami meski telah diberi antibiotik dan obat penghilang nyeri bisa terjadi karena kuman yang masih belum mati sehingga proses peradangan masih tetap berlangsung. Hal ini bisa terjadi karena proses pengobatan yang masih dalam tahap awal sehingga belum benar – benar ada  perubahan berarti atau bisa juga karena sebab lainnya misalnya resistensi obat antibiotik yang diberikan. Oleh karena itu tetap teruskan konsumsi obat hingga habis dan kemudian konsultasi ulang. Dokter bisa meneruskan pemberian antibiotik jika memang terlihat kondisi anda membaik atau mengganti dengan jenis antibiotik lainnya .

    Silakan konsultasi ulang ke dokter anda jika setelah obat habis namun keluhan tidak membaik.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Perawatan Gigi Berlubang : Tambal atau Cabut?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Nyeri Bertambah Setelah Minum Diclofenac Sodium 50mg?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.