• Assalamualaikum Wr. Wb. Saya merasa nyeri di bagian bokong, namun setelah diperiksa ibu saya tak ada apa apanya dok. Ketika duduk, bangun dari duduk, akan buang air besar, berdiri lama, bokong terasa nyeri dok.
    Tolong beri saran atau solusi agar hilang rasa nyeri di bokong saya dok.

    Terimakasih atas perhatiannya dok.
    Wassalamualaikum Wr. Wb

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Nyeri pada bagian bokong bisa disebabkan oleh banyak hal. Ada baiknya diidentifikasi bagian mana dari bokong yang mengalami keluhan. Apakah berada di bagian kulit, otot atau terjadi pada bagian lainnya. Karakteristik nyeri juga dibedakan menjadi berbagai jenis mulai dari nyeri seperti ditusuk – tusuk, nyeri tumpul, kesemutan dan lainnya. Nyeri juga bisa terjadi akibat aktivitas – aktivitas tertentu, misalnya duduk, beralih dari posisi duduk ke posisi berdiri, ataupun saat berdiri lama. Misalnya saja rasa nyeri yang bersumber dari tulang ekor akan menyebabkan keluhan nyeri saat buang air besar ataupun saat berhubungan seks. Untuk wanita, nyeri pada tulang ekor bisa membuat menstruasi menjadi tak nyaman.

    Selain bersumber dari tulang ekor, nyeri pada bokong juga bisa infeksi pada bagian lapisan kulit bokong misalnya akibat bisul, selulitis dan lain sebagainya. Gangguan saraf di daerah bokong (ischialgia) juga bisa menyebabkan keluhan nyeri bokong disertai kesemutan yang menjalar dari bokong hingga ke kaki. Penyebab nyeri bokong lainnya antara lain karena kram pada otot bokong misalnya akibat olahraga berlebihan, faktor pekerjaan dan masih banyak lagi.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara lebih detail. Silakan anda baca artikel berikut ini:

    Sakit Di Bokong Sebelah Kanan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Nyeri Bokong?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.