• Siang dok, saya mau tanya. Mengapa tiba-tiba dada saya terasa sakit dan berat? Terutama saat menarik napas, tapi tidak sesak dok. Sakitnya pas di bagian tengah, bagian tulang sternumnya. Bagaimana solusinya ya dok?

    Selamat Pagi.

     

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

     

    Ada beberapa kemungkinan penyebab keluhan nyeri dada yang terjadi saat menarik napas,  selain terjadi akibat gangguan pada tulang dan otot namun juga bisa disebabkan karena hal lainnya.

    Berikut akan disampaikan kemungkinan penyebab keluhan tersebut yaitu antara lain:

    1. Nyeri dada saat bernapas biasanya berkaitan dengan kejadian sprain (keseleo / tarikan) pada bagian tulang rusuk. Biasanya nyeri juga terjadi pada bagian dada saat menarik napas dalam.
    2. Spasme otot dada di bagian sela – sela tulang rusuk sering menyebabkan rasa sakit saat menarik napas, terutama saat menarik napas dalam.
    3. Kelainan bentuk tulang belakang seperti kifosis, lordosis juga bisa menyebabkan keluhan nyeri di bagian punggung belakang.
    4. Pasien dengan berat badan berlebihan (obesitas/ kegemukan) juga menjadi faktor pencetus dan faktor yang memperberat keluhan nyeri dada bagian belakang.
    5. Infeksi paru – paru misalnya pneumonia juga bisa menyebabkan keluhan saat menarik napas. Namun umumnya disertai gejala lainnya seperti demam, batuk dan lain sebagainya.
    6. Penyebab lain

    Silakan anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang diperlukan untuk memastikan penyebab keluhan anda.

     

    Kenali Penyebab Nyeri Dada yang Anda Alami

     

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu,

     

Beranda Tanya Dokter Mengapa Nyeri Dada Bagian Tengah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.