• Malam tadi saya mengerjakan tugas sambil meminum kopi lalu makan sahur dan meminum kopi segelas lagi lalu melanjutkan tugas saya. Setelah itu saya merasakan nyeri di perut bagian kiri belakang. Apakah itu tanda-tanda sakit ginjal? Apa yang seharusnya saya lakukan ?

    Mohon penjelasannya. Terima kasih.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri perut sangat umum dialami oleh beberapa individu. Keluhan ini bisa terjadi karena masalah ringan ataupun masalah lain yang lebih berat. Tipe nyeri yang dirasakan serta gejala penyerta yang dialami pasien juga turut membantu memberi informasi guna mengidentifikasi kemungkinan penyebab keluhan anda. Nyeri perut bisa terjadi seperti ditusuk – tusuk, tertekan, mulas, nyeri yang hilang timbul atau terus menerus.

    Berikut beberapa kemungkinan penyebab nyeri di perut kiri atas yaitu antara lain:

    1. Dispepsia atau gangguan lambung akibat asam lambung yang meningkat bisa menyebabkan keluhan di perut kiri atas. Gejala lain yang menyertai biasanya berupa mual, sendawa dan ada yang juga sampai mengalami muntah. Kopi merupakan salah satu minuman yang menyebabkan peningkatan asam lambung.
    2. Akibat gangguan otot. Hal ini bisa terjadi umumnya karena aktivitas tertentu yang berlebihan, olahraga tanpa peregangan, posisi tidur yang salah dan lain sebagainya.
    3. Faktor psikosomatis juga bisa menjadi penyebab
    4. Infeksi saluran cerna.
    5. Batu saluran kemih juga bisa menyebabkan keluhan nyeri perut kiri atas. Namun biasanya disertai gangguan berkemih misalnya BAK nyeri, BAK berdarah dan lain sebagainya.
    6. Penyebab lainnya

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami.

    Dispepsia – Pengertian, Gejala & Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Nyeri di Perut Kiri Belakang?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.