• Halo Dokter,

    Saya akhir-akhir ini sering mengalami nyeri pada bagian perut bawah sebelah kiri, atau lebih tepatnya dibagian panggul kiri. Namun nyeri ini hilang timbul dalam jangka waktu yang tidak tentu. Sehingga saya tidak terlalu memikirkan nyeri ini. Kadang dalam waktu beberapa bulan saya tidak mengalami nyeri sama sekali. Tapi bisa dalam 1 bulan saya nyeri hingga 2 sampai 3 kali (dari nyeri ringan sampai cukup sakit).

    Nyeri ini juga tidak berlanjut selama berhari hari. Maksimal hanya 2 hari, setelah itu hilang. Saat rasa nyerinya datang, tekanan rasa nyerinya juga tidak bertambah. Biasanya kalo saya diamkan beberapa saat, rasa nyerinya akan hilang dalam waktu yang cukup cepat (rasa nyeri tidak lebih dari 1 jam) sehingga tidak terlalu mengganggu aktivitas saya.

    Nyerinya muncul dalam ukuran ringan, tapi kadang terasa cukup sakit hingga membuat saya mengalami nyeri saat duduk saat di toilet. Namun saya tidak mengalami gejala lain seperti mual, demam ataupun diare.

    Cuma yang saya bingung, saat nyeri ini datang, kadang saya mengalami semacam keputihan yang berwarna kecoklatan hingga coklat yang sangat pekat. Dan terakhir ini, saat nyerinya datang, pada bagian kewanitaan saya keluar darah seperti haid namun tidak terlalu banyak, setelah darah keluar dan berhenti, cairan berganti dengan warna kecoklatan seperti yang saya ceritakan sebelumnya. Darah yang keluar pun hanya berlangsung 1x, dan keesokan harinya cairan coklat dari kewanitaan saya juga sudah tidak keluar lagi.

    Haid saya teratur dok. Sebagai info tambahan, saya ada gangguan sedikit saat BAB. Kadang saya susah BAB (feses keras) dan kalau seperti itu saya BAB berdarah. Dan kadang kalau nyeri di pinggul muncul bersamaan dengan masalah BAB saya tadi, saya bisa merasakan nyeri yang seperti menjalar ke dubur.

    Terima kasih sebelumnya dokter. Semoga penjelasan dokter bisa membantu masalah saya.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri pinggang sering dialami oleh beberapa individu mulai dari usia muda hingga tua, laki – laki maupun perempuan. Penyebab keluhan nyeri pinggang ini bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain:

    1. Pelvic inflamatory disease atau penyakit radang panggul yang terjadi pada wanita juga bisa menyebabkan keluhan nyeri pinggang.
    2. Gangguan pada muskuloskeletal. Keluhan yang muncul akibat gangguan muskuloskeletal bisa terjadi karena adanya gangguan pada otot, tulang ataupun sendi.
    3. Batu saluran kemih.
    4. Infeksi saluran kemih.
    5. Infeksi pada organ reproduksi misalnya servisitis, dan lain sebagainya.
    6. Infeksi saluran cerna.
    7. Tumor ataupun kista pada organ reproduksi.
    8. Endometriosis atau penebalan dinding rahim.
    9. Penyebab lainnya

    Ada baiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung agar dapat mengidentifikasi bagian tubuh mana yang terkena serta penyebabnya. Terapi yang diberikan tergantung penyebabnya sehingga yang terpenting saat ini adalah memastikan penyebabnya terlebih dahulu.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Radang Panggul – Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

    Cara Ampuh Mengatasi Sakit Pinggang

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Nyeri di Pinggul Sebelah Kiri yang Hilang Timbul?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.