• Sania

    Dok saya mengalami nyeri perut yang sangat parah seperti ditusuk-tusuk dan terasa di badan bagian belakang. Itu pun membuat saya gemetar dan berkeringat tidak seperti biasanya karena menahan sakit yang luar biasa. Dan pada saat yang sama saya ambeyen saya juga kambuh dan sempat diare. Dibagian perut agak kembung. Saat makan minum bahkan di tekan ataupun tidak perut tetap nyeri. Apa yang saya alami ini bentuk dari penyebab ambeyen ataukah ada organ dalam yang terluka? Mohon bantuannya dok apa yang harus saya lakukan?

    Selamat siang.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan nyeri perut dan ambeien. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan buang air besar disertai darah kerap kali dialami oleh beberapa individu dan penyebabnya kebanyakan karena hemorrhoid atau ambeien. Penyakit ini bisa menimbulkan keluhan BAB berdarah berwarna merah dengan atau tanpa nyeri yang biasanya diawali oleh keluhan sulit BAB. Pada tahap awal hemorrhoid hanya berupa keluhan BAB berdarah saja tanpa ada benjolan yang keluar dari anus. Semakin berlanjut maka akan ada keluhan keluarnya benjolan pada lubang anus yang bisa keluar masuk dengan spontan. Jika tidak ditangani dengan baik dan faktor risiko masih berlanjut maka benjolan tidak akan bisa kembali dengan spontan melainkan harus dibantu dengan tangan dan pada tahap akhir benjolan tidak bisa masuk kembali meskipun dibantu.

    Untuk keluhan nyeri perut yang ditusuk – tusuk dan terasa hingga ke bagian belakang tubuh bisa terjadi karena beberapa hal mulai dari adanya luka pada lambung maupun usus (ulkus gaster dan ulkus peptikum), adanya infeksi pada bagian paru, gangguan jantung dan masih banyak lagi. Sayangnya anda tidak menjelaskan secara detail karakteristik keluhan yang anda alami. Oleh karena itu ada baiknya anda memeriksakan terlebih dahulu kondisi anda ke dokter agar mendapat pengobatan yang tepat.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Mengenal Penyakit Ambeien / Wasir / Hemoroid

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Nyeri Perut Karena Ambeien atau Sebab Lain?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.