• Selamat malam dok, saya ibu rumah tangga umur 25 tahun. Saya memiliki keluhan nyeri perut kiri bawah sampai ke pinggang kiri yang tak kunjung sembuh. Sudah hampir 2 tahun dok, nyerinya terus menerus setiap hari, nyerinya seperti kontraksi saat mau melahirkan dan panas sampai ke pinggang dan selangkangan.

    Tapi semuanya hanya bagian kiri saja, saya sudah melakukan pemeriksaan ke dokter. Diagnosa dari cek darah urine usg x ray sampe ct scan belum terdeteksi penyakitnya. Kira kira gejala seperti itu kenapa ya dok? Padahal haid saya teratur 28 hari sekali.

    Mohon penjelasannya dok. Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri perut merupakan keluhan yang sangat sering dialami oleh beberapa individu. Keluhan ini bisa terjadi karena masalah ringan ataupun masalah lain yang lebih berat. Tipe nyeri yang dirasakan serta gejala penyerta yang dialami pasien juga turut membantu memberi informasi guna mengidentifikasi kemungkinan penyebab keluhan anda. Nyeri perut bisa terjadi seperti ditusuk – tusuk, tertekan, mulas, nyeri yang hilang timbul atau terus menerus.

    Berikut beberapa kemungkinan penyebab nyeri di perut kiri bawah seperti yang anda alami yaitu antara lain:

    1. Infeksi pada organ reproduksi bisa memberikan keluhan nyeri perut. Biasanya disertai pula dengan keluhan keputihan dan lain sebagainya.
    2. Batu pada saluran kemih juga bisa menyebabkan keluhan nyeri. Nyeri terasa pada bagian saluran kemih yang terkena. Jika mengenai saluran kemih bagian kiri maka keluhan nyeri akan terasa pada perut kiri. Keluhan nyeri umumnya terasa hilang timbul. Bisa disertai dengan gangguan berkemih dsb.
    3. Endometriosis merupakan salah satu penyakit organ reproduksi yang bisa menyebabkan keluhan nyeri perut di bagian kiri.
    4. Infeksi saluran kemih. Biasanya selain nyeri perut juga disertai gangguan berkemih seperti nyeri saat kencing.
    5. Penyebab lainnya

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami. Jika sudah dilakukan serangkaian pemeriksaan mulai dari USG dan CT scan menunjukkan hasil normal maka bisa dilakukan dengan pemeriksaan MRI. Jika memang tidak ada kelainan yang terjadi maka mungkin penyebab keluhan anda adalah karena faktor psikosomatis. Silakan konsultasi langsung dengan dokter.

    Nyeri Perut Kiri Bawah: Penyebab dan Cara Mengatasi

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Nyeri Perut Kiri Bagian Bawah Kiri seperti Kontraksi

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.