• Selamat siang dok, saya mau tanya mengenai keluhan yang saya rasakan ini..

    Dok sudah 2 tahunan bermulai dari saya hamil 3 bulan saya nyeri perut kiri bagian bawah sampe ke pinggang dan selangkangan rasanya seperti sakit saat sumilangen dan seperti kontraksi dan sakitnya terus menerus setiap hari sampai detik ini. Di samping itu ada keputihan juga, keputihannya putih susu tidak berbau dan tidak gatal namun banyak.

    Saya kontrol hamil setiap bulan ke spog untuk usg cek darah dll.. semuanya baik dokter hanya bilang klo itu mungkin sakit dari rahim karna hamilnya gemeli jd keram..sampai di usia kandungan 26 week saya gak kuat nahan nyeri itu seperti kontraksi yang hebat dan trnyata memang bener setelah di Rs say udah pembukaan 6 di pertahanin sama dokter untuk tidak lahir karena berat bayi masih kecil.

    Bertahan 2 week di rawat di rumah sakit sampe masuk ICU krn gakuat nahan nyeri.akhirnya pecah ktuban di ICU dan melahirkan..setelah melahirkan perut saya masih nyeri yang sama.

    Anak saya keduanya meninggal yang satu bertahan 1 minggu dan yang satunya bertahan 1 bulan di NiCU. dokter anak nya bilang klo anak saya ada infeksi dari dari ibunya dari di dalam perut. masih sambil di deteksi saya itu ada penyakit apa.

    Sampe masa nifas selesai ternyata saya masih keputihan dan masih nyeri yang sama perut kiri bawah sampe selangkangan dan pinggang seperti kontraksi. SPOG ambil cairan keputihan saya untuk cek lab, akhirnya ada banyak bakteri lalu saya di kasi antibiotik 2 minggu setelah habis obat saya kembali karena sama sekali keluhan tidak hilang, lalu cek lg dan lalu pap smear, hasil negatif, Usg jg tiap waktu klo rahim dan ovarium bagus tidak ada masalah, cek darah dn urine ada leukosit di urine lalu cek kultur urine ada ISK di di kasih antibiotik 2 minggu cek lagi ISK sudah negatif, namun keluhan masih ada.

    SPOG akhirnya suruh sy ke SPPD lalu usg Abdomen sama tidak di temukan apapun lalu rotgen tulang blkng jg krna kluhanya memang mnjalar ke pinggang panas dan hasilnya sama tidak ada apa2, lalu CT-scan di temukan kista uk 2,5cm lalu balik ke SPOG di kasih obat hormon 2 minggu balik kistany sudah tidak ada katanya kista fungsional, katanya saya ga ada apa2.

    Akhirnya saya ganti rumah sakit ke yang lebih bagus lagi .. pemeriksaan dari awal lagi oleh SPOG dan SPPD usg lagi cek darah lagi cek swab keputihan lagi swab vagina dan sama tidak di temukan hasil juga.. saya juga smpet therapy sinar dan getar 1 minggu namun tidak ada reaksi.

    Saya pindah dokter SPOG lg dan sy ceritakan dari awal dan pemeriksaan apa aja yg sudah sy lakukan dan di kasih liat hasilnya..dan dia cek panggul lalu dia bilang klo saya radang panggul (PID) krna udah banyak antibiotik yang saya minum dokter nyaranin rawat inap antibiotik injek.

    Rawat inap 4 hari untuk pemberian antibiotik, selama di Rawat saya memang membaik tidak terasa sakit tidak tau dari obat penahan sakit atau dari apa..namun setelah 2 hari di rmh itu sakitnya kambuh lg sama lg akhirnya sy kontol lagi dr saranin buat cek chlamidya igm dan igg dan VDRL/RPR hasilnya non reaktif dan chlamidya igm negatif namun chlamidya igg positif namun dokter bilang igg itu yang lama katanya udah gak apa apa..

    saya juga sempet cek HIV walaupun tidak merasa memilki resiko untuk itu,hanya takut saja..dan hasilnyanpun non reaktif..katanya saya udah ga ada apa apa sehat karena saya mau hamil dokter juga udah bolehin saya hamil.. namun dengan adanya keluhan ini saya masih takut dok takut ada efek samping ke bayinya lagi dan takut saya ga kuat juga..karena yang saya rasa ini bener nyeri seperti nyeri lagi haid / seperti kontraksi perut kiri bawah sampai ke pinggang panas dan selangkangan ini.. Oh Iya siklus haid saya lancar tiap bulan 28 hari dan kalau lagi berhubungan juga tidak sakit..

    Dok menurut dokter saya ini kenapa,,dan apa yg harus saya lakukan lagi pemeriksaan apa lagi untuk mendiagnosa penyakit saya ini dok.. tolong jawabannya..
    terima kasih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sebelum kita membahas masalah anda, ijinkan saya mengucapkan turut berduka atas meninggalnya kedua bayi anda. Hal ini tentu sangat tidak diharapkan dan sedikit banyak menimbulkan rasa khawatir dalam diri anda. Keluhan nyeri perut sebenarnya merupakan keluhan yang sangat sering dialami oleh beberapa individu. Keluhan ini bisa terjadi karena masalah ringan ataupun masalah lain yang lebih berat. Penyebab keluhan ini sangat banyak. Pada wanita bisa saja berkaitan dengan gangguan pada organ reproduksi salah satunya karena penyakit peradangan panggul atau Pelvic Inflamatory Disease (PID). Peradangan bisa terjadi pada rahim (uterus), saluran telur  (tuba falopi) atau juga pada ovarium (indung telur). Banyak gejala yang muncul akibat penyakit ini selain nyeri pada perut bawah antara lain demam, keputihan dan lain sebagainya.

    Penyebab keputihan sangat banyak. Jika keputihan berwarna putih seperti susu biasanya terjadi akibat infeksi Candida albicans. Sebenarnya jamur ini merupakan flora normal di saluran genital wanita namun pada beberapa keadaan, pertumbuhan jamur ini bisa sangat berlebihan dan menyebabkan infeksi. Kompleksnya masalah anda ini membuat sulitnya mencari kemungkinan penyebab tanpa adanya pemeriksaan secara langsung. Namun jika berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan dokter anda baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sudah dinyatakan bersih dari segala bentuk infeksi atau penyakit reproduksi lainnya maka sebenarnya anda tidak perlu terlalu khawatir untuk kehamilan selanjutnya.

    Radang Panggul – Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Nyeri Perut Kiri Bawah Sampe Pinggang dan Selangkangan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.