• Dok, beberapa minggu ini saya sering merasakan nyeri mendadak sekitar perut terkadang dibawah pusar, perut sebelah kiri tapi lebih sering perut sebelah kanan bawah.

    Saya sudah coba cek ke dokter dan hanya diberikan obat penahan rasa sakit dan antibiotik. Selain itu saya juga sudah 9 hari telat menstrusi dari tanggal yg saya perkirakan. Setelah saya coba tes dengan test pack hasilnya ada dua garis tetapi garis keduanya samar-samar.

    Apakah itu tandanya saya hamil ? Atau ada penyakit lain ?

    Terimakasih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri perut bisa disebabkan oleh banyak hal. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara detail untuk memastikan penyebabnya. Keluhan nyeri perut bawah bisa disebabkan oleh infeksi pada organ reproduksi, infeksi saluran kemih, tumor organ reproduksi, gangguan saluran cerna dan masih banyak lagi. Karakteristik nyeri dan lokasi spesifik dari keluhan nyeri dapat membantu mengidentifikasi kemungkinan penyebab keluhan.

    Untuk pemeriksaan dengan menggunakan tes pack (alat tes kehamilan) memang sering digunakan sebagai alat bantu untuk mengidentifikasi kemungkinan kehamilan. Namun sebenarnya pemeriksaan ini bisa menunjukkan hasil positif palsu ataupun negatif palsu. Tes pack baru bisa menunjukkan hasil yang lebih akurat jika dilakukan sekitar 2 hari sebelum waktu menstruasi atau 14 hari setelah anda berhubungan badan di masa subur ( waktu ovulasi). Tes pack mulai dapat mendeteksi kadar hormon human Chorionic Gonadotropin (hCG) pada kadar 20 mIU. Hasil tes kehamilan menunjukkan hasil positif jika terdapat dua garis yang nampak pada alat tes tersebut. Garis kedua yang muncul bisa tampak samar atau bisa juga terlihat jelas. Hal ini tergantung dari konsentrasi hormon hCG yang terkandung dalam urine yang diperiksa. Pada kasus yang anda alami kemungkinan memang anda sedang hamil. Silakan periksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikannya.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Membaca Hasil Tespek Positif, Negatif, Samar

    Nyeri Perut Kiri Bawah: Penyebab dan Cara Mengatasi

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Nyeri Sekitar Perut di Bawah Pusar?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.