• Halo, Dok. Saya ingin berkonsultasi tentang menstruasi saya.

    Setiap kali saya mengalami menstruasi, saya selalu merasa nyeri yang membuat saya sulit melakukan aktivitas sehari-hari. nyeri ini datang saat hari pertama sampai hari kedua. Terlebih lagi saat saya BAB, nyerinya terasa seperti perut saya ingin lepas saat itu juga.

    Teman saya mengatakan saya terlalu berlebihan, padahal memang seperti itu adanya. Nah, yang ingin saya tanyakan, apakah nyeri ini berbahaya, Dok? kira-kira apakah penyebab dan solusinya?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Normalnya saat haid wanita tidak mengalami rasa nyeri atau jika memang terasa nyeri maka hanya berupa kram perut ringan saja tanpa mengganggu aktivitas sehari – hari. Rasa nyeri saat menstruasi dalam istilah kedokteran disebut sebagai dismenorea. Keluhan nyeri haid yang normal biasanya berlangsung mulai dari 1 hari sebelum haid dan berangsur – angsur berkurang pada hari pertama hingga kedua menstruasi. Keluhan nyeri haid yang normal ini terjadi karena kontraksi rahim saat mengeluarkan darah haid.

    Namun jika keluhan nyeri haid berlangsung sangat hebat hingga membuat pasien tidak bisa beraktivitas, atau pada beberapa kasus dapat membuat pasien pingsan karena menahan nyeri maka hal ini tentu ada penyebab yang mendasarinya yakni biasanya karena masalah di organ reproduksi wanita. Ada beberapa penyakit organ reproduksi yang menyebabkan keluhan nyeri haid (dismenorea) yaitu antara lain penyakit infeksi pada organ reproduksi, endometriosis (penyakit dimana lapisan endometrium yang harusnya hanya ada pada rahim akan tetapi juga tumbuh di luar rahim), radang panggul, tumor pada organ reproduksi dan lainnya.

    Untuk memastikannya silakan periksakan diri secara langsung ke dokter spesialis obstetri dan ginekologi (spOG) agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara lebih detail. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan tersebut.

    Cara Mengatasi Nyeri Haid (dismenore) Secara Alami

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu

Beranda Tanya Dokter Bahaya Nyeri yang Tak Tertahankan Saat Haid

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.