• Malam dok, mau bertanya, adik saya usia 3 tahun kurang mengalami batuk kering,mau saya beri obat tetapi dia tidak mau syrup, apabila dipaksa malah muntah, obat apa ya dok yang bentuknya tablet seperti permen yang bisa untuk usia adek saya 3 tahun kurang

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mohon maaf dalam forum ini kami tidak bisa memberikan obat terhadap pasien karena tidak dilakukannya pemeriksaan secara langsung kepada pasien. Sebagai informasi untuk anda, penyebab keluhan batuk sangat banyak sekali. Perlu dicari tahu dahulu penyebabnya dengan melakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter, baru kita bisa menentukan terapi terbaiknya. Batuk sendiri bisa terjadi karena hal normal maupun karena masalah kesehatan tertentu. Keluhan bisa terjadi karena:

    • Iritasi pada saluran napas. Misalnya karena alergi, rokok, asap di tempat kerja dll.
    • Infeksi pada ┬ásaluran napas bagian atas misalnya hidung dan tenggorokan.
    • Infeksi pada saluran napas bawah seperi parenkim paru, yang paling sering adalah akibat tuberkulosis paru karena infeksi bakteri Micobacterium tuberculosis. Gejala TBC paru antara lain berupa batuk lama lebih dari 3 minggu baik tanpa darah atau pada tahap lanjut dapat muncul keluhan batuk berdarah). Keluhan lain TBC paru yaitu demam tanpa sebab yang jelas dalam 1 bulan terakhir terutama saat malam hari, penurunan berat badan dan lain sebagainya.
    • Dan lain sebagainya

    Karena kemungkinan penyebabnya sangat banyak maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik berupa pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang oleh dokter sehingga dapat ditentukan diagnosis pastinya serta mendapat terapi yang sesuai. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan adik anda.

    Obat Batuk Pilek untuk Anak, Perlu Tidak?

    Obat Batuk Anak yang Cocok dan Aman

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Obat Batuk Apa?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.