• Dok, obat apa yang cocok dan aman untuk anak bayi yang sedang sakit pilek dan batuk disertai panas juga. Anak saya umur 4 bulan dan berat badan 6,8kg, mohon bantuannya dok. Terima kasih.

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Demam merupakan peningkatan suhu tubuh di atas 37,5 derajat celsius. Keluhan ini merupakan keluhan umum yang kerap dialami oleh beberapa individu terutama pada bayi dan anak. Penyebabnya beraneka ragam. Jika disertai batuk dan pilek maka kemungkinan penyebabnya karena infeksi saluran napas. Penyebab infeksi bisa karena bakteri, virus ataupun mikroorganisme lainnya. Jenis mikroorganisme penyebabnya pun sangat banyak. Oleh karena itu memang perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik pemeriksaan fisik maupun penunjang.

    Pengobatan awal yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan obat paracetamol untuk menurunkan demam. Selain itu obat yang mengadung GG dan chlorpheniramine maleat untuk meredakan batuk dan pilek. Anak juga harus diberi asupan cairan dalam jumlah cukup untuk mengurangi dehidrasi akibat demam yang dialami dan juga dapat mengencerkan dahak yang terbentuk selama batuk. Namun alangkah baiknya jika anda memeriksakan langsung ke dokter agar dapat diberikan pengobatan yang tepat berdasarkan hasil pemeriksaan. Hal ini mengingat usia anak anda yang masih berada di bawah 6 bulan sehingga kerentanan akan dosis obat dan juga kuman penyebab sangat tinggi.

    Silakan baca artikel berikut:

    Obat Batuk Pilek untuk Anak, Perlu Tidak?

    Mengatasi Demam / Panas Pada Anak

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Obat Apa yang Aman untuk Batuk dan Pilek pada Bayi?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.