• Alvian

    Dear Doktor Mediskus,

    Nama saya Alvian, ayah saya mengalami kondisi gangguan yang saya perhatikan mirip dengan Skizofrenia Paranoid, suka berhalusinasi seakan-akan ada yang ingin mencelakakan dia dan juga mendengar suara-suara asing yang membuat pikirannya tidak tenang.

    Saya mau bertanya bagaimana cara penanganan yang terbaik,

    1. apakah lebih baik ke psikiater atau ke rumah sakit jiwa?

    2. obat-obatan apa yang dapat mencegah gejalanya? (ayah saya pernah diberi obat Risperidone oleh keluarga tetapi saat ini sudah dihentikan).

    3. Adakah obat herbal yang dapat digunakan? untuk mendukung pemulihan?

    4. Bagaimana terapi yang harus dilakukan (misal di rumah)?

    Terima kasih atas perhatiannya, mohon penjelasannya.

    Alvian.

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com  skizofrenia. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Skizofrenia merupakan penyakit gangguan psikotik yang ditandai oleh adanya halusinasi dan waham yang muncul selama 1 bulan atau lebih. Skizofrenia dibagi menjadi 3 yakni skizofrenia paranoid, herbefrenik dan katatonik. Skizofrenia paranoid ditandai dengan halusinasi paranoid dimana pasien merasa curiga ada yang berbuat tidak baik pada dirinya. Pasien juga sering merasakan adanya waham kejar yang merasa dirinya dikejar oleh orang atau sesuatu yang ingin menjahatinya.

    Untuk memastikan kondisi anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan langsung dengan dokter sp.KJ  atau psikiater. Psikiater bisa ditemukan dalam prakter pribadi ataupun di rumah sakit jiwa. Pengobatan yang diberikan adalah obat antipsikotik, namun mohon maaf saya tidak bisa menyebutkan nama obat sebagai dasar terapi bagi anda dalam forum ini. Obat herbal sendiri tidak bisa mengatasi skizofrenia.

    Selain terapi dengan obat – obatan, pasien juga bisa diberikan psikoterapi. Untuk penanganan terbaik ada baiknya anda konsultasi terlebih dahulu secara langsung dengan dokter sp.KJ  di daerah anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Skizofrenia Paranoid : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Obat dan Terapi untuk Skizofrenia Paranoid

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.