• Dok, di kulit (semua bagian kulit, terutama bagian paha dan lengan bagian atas) saya terdapat bintik hitam kecil-kecil (menyebar dan tidak terasa gatal). Saya tidak mengetahui kenapa tiba-tiba terdapat bintik hitam.

    Kira-kira apa penyebabnya ini bisa terjadi? Apakah ada faktor faktor tertentu seperti faktor hormon atau makanan? Saya sudah coba menggunakan obat yang mengandung hidroquinon, tetapi tetap tidak efektif. Adakah kiranya obat yang tepat untuk masalah kulit saya dok? Terima kasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Bintik hitam pada kulit bisa dialami oleh siapa saja baik pria maupun wanita, usia tua atau pun muda. Ada banyak penyebab keluhan ini antara lain karena:

    1. Terkena paparan sinar matahari dapat membuat terbentuknya pigmen melanin pada tubuh yang menyebabkan keluhan bintik hitam

    2. bekas gigitan binatang

    3. Bekas luka

    4. Akibat reaksi alergi atau iritasi terhadap bahan tertentu misal pakaian, krim tertentu, dan masih banyak lagi

    5. Kulit terlalu kering

    6. Akibat gula darah yang terlalu tinggi membuat kulit muda luka dan meninggalkan bekas luka

    7. Penyebab lainnya

    Perlu dipastikan terlebih dahulu apa yang menyebabkan bintik hitam pada kulit anda baru bisa ditentukan tatalaksana paling tepat sesuai kondisi anda. Pemberian krim pemutih seperti hidrokuinon 2 -5 persen bisa dianjurkan namun memang butuh waktu untuk prosesnya. Selain itu bisa dilakukan chemical peeling atau proses pengelupasan hingga terapi menggunakaj sinar laser.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Gatal dan Bintik Hitam pada Tubuh

    sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu

Beranda Tanya Dokter Apa Obat untuk Menghilangkan Bintik Hitam di Kulit?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.