• riyan

    Saya laki2 usia 29 thn positif HIV  sudah 15 bulan saya sudah minum obat HIV dari RS pertama di vonis saya panas seelama 1 bulan  lalu d sarankan ke VCT trnyata hasilnya positif ,ahirnya saya d lakukan tes/cek lengkap trnyata CD-4 saya 54 …lalu d lakukan pengobatan yg 1 hari minum obat 2x jam 7 pgi dan 7 malam… slama 2 bulan bru muncul benjolan2 gatal d kepala yg lama2 turun ke tubuh klo d garuk bekas ruam… lalu obatnya d ganti obatnya…yg sehari 1 x d minum jm 9 … sekalian d suruh priksa ke kulit… lalu sembuh  tpi 90%  sekarang muncul lagi …obat apa Dok yg harus saya minum supaya gatal saya hilang dan tidak muncul ruamnya…saya rutin minum obat tiap bulan ngambil di RS.

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan gatal di kulit. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan gatal – gatal pada kulit merupakan keluhan yang sangat umum dirasakan oleh hampir tiap individu. Rasa gatal merupakan respon normal tubuh ketika ada sesuatu yang menstimulus atau mengiritasi kulit. Gatal bisa disebabkan karena hal ringan atau penyakit tertentu yang lebih berat. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab gatal yaitu antara lain:

    1. Karena xerosis kutis atau kulit yang terlalu kering bisa menyebabkan keluhan gatal yang sangat mengganggu.
    2. Urtikaria juga menyebabkan gatal yang disertai bentol  – bentol pada kulit akibat reaksi inflamasi (peradangan) pada pembuluh darah kulit. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal misal udara dingin, binatang, dsb.
    3. Infeksi jamur merupakan salah satu penyebab gatal. Infeksi jamur mudah terjadi pada orang dengan daya tahan tubuh sangat rendah seperti pasien HIV AIDS.
    4. Dermatitis alergi bisa menyebabkan keluhan gatal pada kulit disertai memerah misalnya alergi pada obat tertentu.
    5. Penyebab lainnya

    Jika penyebab alergi anda adalah karena pemakaian obat maka penanganan utama untuk mencegah keluhan berulang dan bertambah parah adalah dengan menghentikan obat dan mengganti dengan obat yang lebih sesuai. Namun penatalaksanaan akan berbeda jika penyebab gatal adalah karena hal lain misalnya infeksi jamur. Tatalaksana yang diberikan tergantung diagnosis penyakitnya. Oleh karena itu silakan memeriksakan langsung ke dokter agar bisa dilihat gambaran klinis nya secara langsung terutama dokter spesialis kulit.

    Kenali Penyebab Gatal Pada Kulit Anda

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Obat untuk Mengurangi Gatal

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.