• Mau tanya Dok, istri saya umur 41 tahun, beberapa hari ini mengalami gangguan buang air kecilnya sangat sering bisa dikata dalam 5 menit sekali. Dalam jumlah urine yang normal dan disertai rasa sakit seperti sudah menahan buang air kecil yang cukup lama.

    Apakah penyebab dan obatnya dok? Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mohon maaf dalam forum ini kami tidak bisa menentukan pengobatan sebagai dasar terapi bagi pasien karena perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu secara langsung oleh dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Keluhan sering kencing disertai rasa nyeri bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari sebab ringan atau karena penyakit tertentu yang lebih berat. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan ini yaitu antara lain:

    • Infeksi saluran kemih. Keluhan kencing berulang sering merupakan gejala infeksi saluran kemih (ISK). Namun biasanya disertai keluhan tidak puas sehabis kencing atau terasa anyang – anyangan, kadang juga disertai nyeri supra pubik ( bagian perut di atas kemaluan), demam, dan lain sebagainya.  Infeksi saluran kemih biasanya sering terjadi karena beberapa sebab misalnya kebiasaan menahan kencing, kencing di toilet umum yang kurang bersih, kurangnya menjaga higienitas diri, dan lain sebagainya.
    • Batu saluran kemih juga menyebabkan penyumbatan pada saluran kencing sehingga kerap menyebabkan keluhan sering kencing, rasa nyeri di perut atau rasa nyeri saat berkemih, anyang – anyangan dan lain sebagainya.
    • Dan lain sebagainya.

    Perlu dipastikan terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab keluhan yang dialami istri anda. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan. Misalnya saja jika karena infeksi saluran kemih maka bisa diberikan antibiotik dan juga obat simptomatik untuk mengurangi gejala.

    12 Gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Apakah Penyebab dan Obat Sering Buang Air Kecil?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.