• Selamat siang dok. Saya ingin bertanya, apakah operasi tulang bonggol bisa ditunggu sampai 1-3 minggu? Setelah konsultasi dengan dokter orthopedi. Kata dokternya disuruh tunggu dulu. Apakah aman untuk tulang dengan cara hanya meminum obat atau itu memang sudah sesuai prosedur dan tidak membahayakan untuk tulangnya? Terimakasih dok.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Patah tulang dalam istilah kedokteran disebut juga dengan fraktur. Ada beberapa tipe fraktur dan dibagi menjadi beberapa klasifikasi yaitu antara lain berdasarkan garis patahannya (fraktur simple, fraktur kominutif dan sebagainya), berdasarkan jaringan di sekitarnya (terbagi menjadi fraktur terbuka dan fraktur tertutup), dan klasifikasi fraktur lainnya. Penyebab patah tulang sangat beraneka ragam, yang paling sering karena trauma atau benturan benda keras.

    Pengobatan patah tulang ada yang dilakukan secara konservatif yakni dengan pemberian obat penghilang nyeri dan dilakukan tindakan pembidaian serta bisa juga dilakukan secara operatif dengan tindakan pembedahan untuk pemasangan pen dan lainnya. Alangkah baiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter yang menangani anda karena tentu beliau yang lebih tahu sejauh apa kondisi anda berdasarkan hasil pemeriksaan fisik dan penunjang yang telah dilakukan serta tatalaksana yang dilakukan. Tidak serta merta semua tulang yang patah harus dilakukan tindakan pembedahan segera namun bisa dilakukan terapi konservatif terlebih dahulu sebelum dilakukan tindakan operasi. Oleh karena itu jika anda ingin penjelasan yang lebih detail seputar tatalaksana yang akan dilakukan pada diri anda maka silakan berkonsultasi langsung dengan dokter ortopedi yang menangani anda.

    Berapa Lama Waktu Penyembuhan Setelah Patah Tulang

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Prosedur Operasi Tulang Bonggol?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.