• Mikhael Siahaan

    Bapak saya sekarang berumur 51 tahun. Bapak saya 3 bulan belakangan ini kalau diajak bicara kadang – kadang nyambung Dan kadang – kadang tidak nyambung dan bicaranya pun tidak jelas.

    Kemudian bapak saya pelupa, baru 1 menit barang yang dipegangnya bisa langsung lupa dimana dibuatnya.
    Tolong dok diberi masukannya gimana cara nya agar bapak saya kembali sehat seperti semula

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com mengenai keluhan bicara tidak nyambung dan pelupa. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan bicara tidak nyambung atau terkadang suka lompat – lompat bisa terjadi karena faktor psikosomatis, misalnya saja terjadi pada individu yang mudah gugup dan cemas. Individu seperti ini sering sekali mengalami stress akibat kondisi yang dihadapinya, misal saat individu tersebut masuk ke lingkungan baru dan lain sebagainya. Jika kecemasan atau kegugupan ini tidak bisa dikendalikan oleh dirinya maka bisa muncul keluhan bicara menjadi ngawur atau tidak nyambung.

    Gangguan psikosomatis lainnya seperti flight of idea atau alur pikir yang melompat – lompat juga bisa menyebabkan keluhan bicara menjadi ngawur atau tidak nyambung. Demensia atau penurunan kemampuan untuk mengingat juga bisa menyebabkan bicara menjadi tidak nyambung karena pasien lupa apa yang sedang dibicarakan sebelumnya atau apa yang sedang dibicarakan lawan bicara.

    Pada kasus ayah anda dimana mulai terjadi keluhan lupa bisa terjadi karena demensia. Penyebabnya selain karena faktor usia juga bisa karena penyakit degeneratif lainnya. Untuk memastikan penyebab keluhan ayah anda alangkah baiknya jika dilakukan pemeriksaan diri secara langsung ke dokter terutama dokter spesialis kedokteran jiwa. Hal ini penting dilakukan agar anda mendapat terapi terbaik baik dengan jalan konseling maupun dengan obat – obatan.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Demensia : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Orang Tua yang Mulai Bicara Tidak Jelas, Tidak Nyambung Bila Diajak Bicara

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.