• Halo dok, saya ingin bertanya. Belakangan ini paman saya tiap kali diajak ngobrol suka tidak nyambung, ditanya A jawabnya B. Tapi tidak selalu demikian, hal itu hanya terjadi kadang kala. Sedikit cerita, paman saya memang sedang ada masalah hutang dengan kenalannya, lalu kenalannya tersebut mendatangi rumah saya tapi kebetulan paman saya lagi di luar kota.

    Lalu setelah itu ibu saya yang merupakan kakak dari paman saya mengirim pesan singkat pada paman yang cukup panjang yang isinya memarahi paman soal hutang yang membelitnya, apakah hal itu ada hubungannya dengan kondisi paman saya yang mulai suka tidak nyambung saat diajak ngobrol?

    Apa paman saya kepikiran soal hutang tersebut? Apakah ini menandakan paman saya mulai terganggu kondisi psikisnya? Dan apakah ada cara untuk menyembuhkan kondisi paman saya? Karena menurut saya kondisi paman saya belum benar-benar parah, hanya terkadang saja dia suka tidak nyambung jika diajak ngobrol. Terima kasih dokter.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Gangguan psikis bisa terjadi pada siapa saja karena adanya stresor baik dari dalam diri maupun dari luar misalnya karena faktor pekerjaan, keluarga, faktor ekonomi dan lain sebagainya. Pada orang normal, stresor yang diperoleh bisa dikendalikan akan tetapi pada beberapa orang stresor yang terjadi ini bisa menimbulkan kegoncangan jiwa yang pada akhirnya menimbulkan masalah kejiwaan mulai dari depresi, ganguan kecemasan, dan lain sebagainya.

    Pada kasus yang dialami paman anda perlu dilakukan pemeriksaan secara lebih detail untuk memastikan apakah yang dialami saat ini sudah mengarah pada gangguan kejiwaan ataukah belum. Terlalu dini jika langsung menyimpulkan adanya gangguan kejiwaan pada paman anda tanpa pemeriksaan lanjutan. Bisa jadi alasan kenapa ia tidak nyambung diajak bicara adalah karena tidak menyimak percakapan dengan lawan bicaranya akibat banyaknya pikiran. Oleh karena itu untuk memastikan penyebab keluhan paman anda perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang. Silakan konsultasikan kondisi kejiwaan paman anda dengan dokter terutama dokter spesialis kedokteran jiwa (spKJ). Terapi tergantung dari penyebab keluhan.

    18 Makanan Penghilang Stres yang Bikin Anda ‘Ngeces’

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Ia dok, tapi masalah yang dihadapi paman saya tidak hanya soal hutang. Paman saya duda dan punya 2 anak, kebetulan anak perempuan nya tinggal dengan mantan istrinya. Anak perempuan nya baru-baru ini baru sembuh dari sakit kebocoran usus dan telah dioperasi. Itu pasti jadi beban pikirannya. Ditambah lagi paman juga baru ditinggal pacarnya yang akan menikah dengan pria lain, paman dan pacarnya udah pacaran kurang lebih 9 tahun, hal ini juga jadi beban pikiran paman. Dan paman sekarang keluar kota untuk mencari pekerjaan karena sudah bertahun-tahun dia menganggur. Itu semua jelas buat paman saya menanggung beban pikiran yang berat. Besok saudara saya rencana akan membawa paman ke psikiater untuk dilakukan pemeriksaan. Dok, apakah jika benar paman saya mengalami gangguan jiwa baik ringan maupun berat, hal itu masih dapat disembuhkan?? Dan apakah paman masih dapat beraktivitas dan bekerja seperti sedia kala?? Terima kasih dokter.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Menangani Paman Sudah Terganggu Psikisnya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.