• Bang Kampar

    Dear…..mediskus…

    Langsung saja ya dok….

    1 rasa panas tak tertahankan pada tenggorokan sudah 6 bulan lamanya sampai saat ini 11 agustus 2018.

    Sudah di belikan obat dari klinik memang hilang tapi habis obat kambuh lagi sampai menganggu aktivitas ku.

    Perna ke dokter tapi di kasih obat isap katanya anti biotik serta di beri mylanta cair… Hilang rasa panas tapi hanya sesaat saja sampai habis 3 botol ukuran 50ml.

    Mohon bantuannya dok mediskus…

    Salam dari prov RIAU.

    Nama Helmiansyah usia 38tahun.

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang GERD . Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan nyeri ulu hati sakit, disertai sendawa ataupun gejala lainnya sering disebabkan karena peningkatan asam lambung. Jika keluhan nyeri ulu hati juga disertai dada yang terasa sakit, panas bisa saja disebabkan karena asam lambung yang naik hingga ke esofagus (kerongkongan). Hal ini bisa terjadi pada Gastroesofageal Reflux Disease (GERD). GERD bisa dicetuskan karena faktor telat makan, interval makan yang terlalu lama, konsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan yang terlalu asam, pedas, mengandung lemak yang banyak, sakit maag yang dialami sejak lama, makan makanan sekaligus dalam jumlah banyak dan lain sebagainya.

    Namun untuk memastikan penyebab keluhan yang anda rasakan perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter, baik pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Silakan anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter, terutama dokter spesialis penyakit dalam.

    Jika memang benar karena GERD,  maka selain konsumsi obat – obatan seperti antasid ataupun golongan proton pump inhibitor (seperti omperazol, lansoprazol), ataupun golongan anti histamin (seperti ranitidin, cimetidin, dan lain sebagainya), pasien juga perlu memperhatikan asupan makanan yang dimakannya. Makan sebaiknya dalam porsi sedikit namun sering, hindari makanan dan minuman yang mengiritasi lambung (seperti rujak, sambal, mie, kopi, soda dan masih banyak lagi), usahakan tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi, konsumsi air hangat, dll. Karena peningkatan asam lambung juga bisa dicetuskan karena stress atau faktor psikis, maka salah satu upaya untuk mengendalikannya dengan merilekskan pikiran serta selalu berpikir positif.

    Penyakit GERD : Definisi, Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Panas pada Tenggorokan seperti Panas Bara Api

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.