• Yudhi Pratama

    Assalamualaikum dok,

    Saya saat ini sedang menderita telinga bernanah dibelakang gendang telinga, saat ini sudah 4 hari menderita penyakit ini. 2 hari yang lalu, saya sudah ke klinik dan melakukan pemeriksaan. Dokternya bilang telinga saya bersih dan tidak terdapat apa-apa. Tapi saya merasa ada yang menyumbat di telinga. Lalu dokter tersebut berkata bahwa saya mengalami nanah-an dibelakang gendang telinga. Rasanya sungguh luar biasa sakit. Terasa bengkak dan pusing disertai demam.

    Alhamdulillah nya, ketika saya pulang dan saat saya mau tidur terasa ada yang mengalir di telinga saya dan saya taruh tisu untuk melihat bahwa apa itu sebenarnya. Cairan itu berwarna kuning dan tidak terlalu kental. Sempat mengering di sekitar telinga bagian luar pada pagi harinya karena tidak menetes sampai bawah untuk mengenai tisu. Awal sebelum mengalirnya cairan ini di telinga saya, saya merasakan sakit luar biasa pada telinga bagian dalam, dok. Apa itu menandakan bocornya gendang telinga saya untuk mengeluarkan nanah tersebut?

    Tapi saat ini saya masih merasa ada yang menyumbat dibagian dalam telinga saya, mungkin karena nanah-nya belum keluar semua. Dan juga terkadang terasa nyeri, tapi tidak separah sebelum dilakukan pemeriksaan. Tetap ada perkembangan penyembuhan.

    Yang ingin saya tanyakan adalah, adakah pantangan untuk penyakit yang saya derita saat ini dari segala hal? Dan adakah cara lain untuk mempercepat penyembuhannya? Karena esok hari saya akan melakukan pendakian gunung prau di Wonosobo yang saat ini suhu di daerah itu sangat dingin yang pernah mencapai 0°C sampai -2.5°C pada beberapa hari yang lalu. Sumber Mountnesia

    Adakah yang harus saya jaga disana agar terhindar dari makin parahnya penyakit saya?

    Saat ini saya sudah diberi obat Lodecon (demam), Aknil (nyeri), Mexon (radang), Dexycol (antibiotik).

    Terimakasih dan mohon maaf apabila ada salah kata.

    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan keluar cairan dari telinga dan gendang telinga yang pecah. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan dimana terdapat riwayat keluar cairan dari telinga yang berulang disertai penurunan pendengaran memang kemungkinan telah terjadi infeksi pada telinga tengah atau yang disebut otitis media. Penyebabnya terutama karena infeksi bakteri.

    Gejala yang muncul akibat infeksi ini berupa rasa nyeri di telinga, keluar cairan dari telinga hingga penurunan pendengaran. Penyebab terjadinya otitis media bisa karena banyak hal, biasanya karena penjalaran dari infeksi saluran napas yang tidak diobati dengan baik. Selain itu daya tahan tubuh pasien yang menurun menyebabkan keluhan ini bisa terjadi dan sering berulang.

    Pada kasus anda sebaiknya dicari tahu apakah yang anda alami hanya sebatas infeksi pada telinga saja ataukah ada komplikasi lainnya. Karena jika ada komplikasi lain maka tidak hanya perlu obat – obatan minum saja namun perlu tindakan lainnya misalnya tindakan operatif. Selain itu harus juga dipastikan lokasi robekan gendang telinganya karena hal ini mempengaruhi proses penyembuhan gendang telinga tersebut mulai dari terapi yang tepat hingga kemungkinannya untuk sembuh. Oleh karena itu dalam forum ini saya tidak bisa memberikan penjelasan lebih detail terkait penanganannya karena harus dipastikan dulu kondisi klinis anda melalui pemeriksaan oleh dokter baik pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Silakan konsultasi langsung dengan dokter di daerah anda.

    Saran saya ada baiknya anda menunda perjalanan anda ke daerah pegunungan atau bepergian menggunakan pesawat karena dapat mempengaruhi tekanan dalam telinga anda yang saat ini sedang bermasalah. Sebaiknya anda juga menghindari kebiasaan mengorek telinga meskipun terasa tak nyaman dalam telinga. Obat harus dikonsumsi secara teratur untuk mempercepat matinya kuman. Jika obat habis namun gejala masih ada  maka harus diperiksakan ulang ke dokter.

    Silakan baca artikel berikut:

    Gendang Telinga Pecah : Penyebab, Gejala, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Pantangan untuk Penderita Telinga Bernanah Dibelakang Gendang Telinga

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.