• Selamat siang dok. Umur saya 25 tahun, saya mengalami patah tulang pada tanggal 5 Maret 2017. Pada saat itu di bawa ke rumah sakit dan disarankan untuk operasi. Tetapi saya memilih pengobatan alternatif. Sudah selama 2 minggu perawat alternatif saya menyarankan untuk rontgen dan ternyata tulang kering saya belum tersambung.

    Orang tua saya menyarankan untuk operasi. Kemudian saya dioperasi dan pasang pen pada tulang kering. Tetapi yang tulang betis tidak di pasang pen dok, kata dokter besok bisa nyambung sendiri dan tidak mempengaruhi jalan saya.

    Sudah hampir 2 bulan saya menjalani operasi. Pertanyaan saya, apa benar tak ada masalah jika tulang betis kaki tidak dipen juga? Apa tidak mempengaruhi jalan saya?
    Terimakasih dok, mohon maaf jika pertanyaan saya panjang.

    Selamat SORE.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Patah tulang didefinisikan sebagai terputusnya kontinuitas tulang dengan atau tanpa pergeseran segmen yang patah. Patah tulang dalam istilah kedokteran disebut juga dengan fraktur. Ada beberapa tipe fraktur dan dibagi menjadi beberapa klasifikasi yaitu antara lain berdasarkan garis patahannya (fraktur simple, fraktur kominutif dan sebagainya), berdasarkan jaringan di sekitarnya (terbagi menjadi fraktur terbuka dan fraktur tertutup), dan klasifikasi fraktur lainnya. Penyebab patah tulang sangat beraneka ragam, yang paling sering karena trauma atau benturan benda keras. Kasus patah tulang yang tidak mendapat penanganan medis yang tepat namun malah dibawa ke pengobatan alternatif sebenarnya sering terjadi. Kebanyakan bukannya membaik namun malah memburuk. Pada kasus anda dimana tidak terjadi penyambungan pada tulang pasca dibawa ke pengobatan alternatif merupakan salah satu contohnya. Jadi saya sarankan untuk tidak melakukan pengobatan alternatif terutama untuk kasus patah tulang.

    Pada tungkai bawah terdapat dua tulang yakni tulang tibia (tulang kering) yang berukuran besar dan tulang fibula (tulang betis) yang ukurannya lebih kecil. Karena ukurannya yang besar dan lebih kokoh maka tibia berperan menyokong fibula sehingga pada kasus patah tulang tibia fibula maka yang memerlukan tindakan penyambungan dengan pen hanyalah tibia saja. Tulang fibula tidak berperan menopang berat badan sehingga tak memerlukan penanganan khusus seperti halnya tibia. Karena nantinya akan menyambung dengan sendirinya dan tak akan mengganggu fungsi berjalan anda. Oleh karena itu anda tak perlu khawatir.

    Untuk penjelasan lebih detail seputar kondisi anda saya sarankan berkonsultasi langsung dengan dokter yang menangani anda.

    Berapa Lama Waktu Penyembuhan Setelah Patah Tulang

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Apa Tak Masalah Jika Tulang Betis Kaki Tidak Dipen?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.