• yunuss

    Selamat pagi dok. Saya mau tanya 7 bulan kemarin saya habis kecelakaan paha kanan saya patah. Di operasi pasang pen dalam tulang.

    Setelah 2 bulan pas terapi saya terjatuh. Pen nya bengkok. Bulan  ke 3 saya operasi lagi di luruskan pen nya aja enggak pakai di bedah. Bulan ke 5 enggak tau kenapa pas belajar jalan tiba-tiba pen nya patah sendiri.

    Saya di suruh operasi tapi tulang bagian bawah harus di potong 1cm. Buat keluarin pen yang patah. Kalau sembuh panjang sebelah .saya tidak mau Kemudian di gips sudah 2 bulan tapi masih terasa goyang dok.

    Kemarin saya di sarankan operasi lagi saya khawatir di potong,  mau saya sudah enggak operasi. Tapi mengatasi biar enggak terasa goyang nya bagai mana dok?

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan patah tulang. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Pen atau merupakan implan yang dipasang pada tulang yang patah (fraktur) bertujuan untuk mempertahankan kedudukan tulang dalam posisi  anatomis (posisi yang benar) hingga proses penyembuhan tulang benar – benar terjadi.

    Dengan pemasangan pen  diharapkan setelah operasi pasien fraktur bisa lebih cepat melakukan aktifitasnya dengan atau tanpa bantuan alat bantu.

    Jenis pen juga beraneka ragam. Pemilihan jenis pen yang dipasang pada fraktur berbeda – beda tiap kasusnya karena pemilihan pen ini tergantung dari jenis tulang yang mengalami fraktur serta jenis patahan  tulangnya.

    Segera setelah operasi pasien sudah bisa berjalan namun masih harus menggunakan alat bantu. Latihan gerak pun harus bertahap. Pada kasus anda dimana anda mengalami jatuh kembali setelah pemasangan pen tentu akan membuat tulang yang patah akan kembali mengalami kerusakan.

    Untuk memperbaiki posisi pen yang patah tentu harus dilakukan tindakan operasi kembali. Jika hal ini tidak dilakukan maka anda tentu akan mengalami ketidaknyamanan secara terus menerus. Silakan konsultasi dengan dokter ortopedi anda agar mendapat penjelasan lebih detail.

    Berapa Lama Waktu Penyembuhan Setelah Patah Tulang


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Paha Terasa Goyang Setelah Pasang Pen, Apa Solusinya?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.