• Cici wiriya

    Saya mau bertanya dok,adik saya mengalami kecelakaan beberapa waktu lalu,yang mengakibatkan tulang pahanya patah,nah dia sudah di rawat selama seminggu belom ada tindakan operasi,karna HBnya rendah,yang mau saya tanyaka…

    Apakah tidak masalah tindakan operasi itu terlalu lama dilakukan?

    Apa efek kalau tindakan operasinya lama dilakukan?

     

    Terimakasih dok

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan patah tulang dan penyembuhannya. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Patah tulang didefinisikan sebagai terputusnya kontinuitas tulang dengan atau tanpa pergeseran segmen yang patah. Patah tulang dalam istilah kedokteran disebut juga dengan fraktur. Ada beberapa tipe fraktur dan dibagi menjadi beberapa klasifikasi yaitu antara lain berdasarkan garis patahannya (fraktur simple, fraktur kominutif dan sebagainya), berdasarkan jaringan di sekitarnya (terbagi menjadi fraktur terbuka dan fraktur tertutup), dan klasifikasi fraktur lainnya. Penyebab patah tulang sangat beraneka ragam, yang paling sering karena trauma atau benturan benda keras.

    Penanganan patah tulang bisa dengan tindakan operatif. Namun operasi baru bisa dilakukan jika kondisi pasien dalam keadaan baik, termasuk kadar Hb dalam keadaan normal. Karena jika Hb masih rendah namun tetap dilakukan tindakan operatif maka dapat memperburuk keadaan pasien. Oleh karena itu operasi sebaiknya ditunda sampai Hb pasien mencukupi untuk operasi. Tidak masalah menunda operasi selama hal tersebut disarankan dokter. Tidak ada efek buruk yang ditimbulkan karena sudah dilakukan antisipasi oleh dokter.

    Berapa Lama Waktu Penyembuhan Setelah Patah Tulang

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Patah Tulang

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.